Pengaruh Teknik Diskusi Berpasangan dengan Bantuan Media Video Klip terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 90 Jakarta

SIGIT GOENTORO, . (2012) Pengaruh Teknik Diskusi Berpasangan dengan Bantuan Media Video Klip terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 90 Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Judul.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (819kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (464kB)
[img] Text
Izin Penelitian.pdf

Download (585kB)
[img] Text
Keterangan Penelitian.pdf

Download (591kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (427kB)
[img] Text
uji homogenitas.pdf

Download (160kB)
[img] Text
uji norma.pdf

Download (892kB)
[img] Text
uji t.pdf

Download (804kB)
[img] Text
Validasi 1.pdf

Download (487kB)
[img] Text
Validasi 2.pdf

Download (436kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik diskusi berpasangan dengan bantuan media video klip terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 90 Jakarta. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 90 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan random sampling. Sampel yang digunakan, yaitu dari sembilan kelas XI yang ada di SMA 90 Jakarta diambil 2 kelas yang ditentukan secara acak. Satu kelas dijadikan kelompok eksperimen, yaitu kelas XI IPA 2 yang mendapat perlakuan berupa penggunaan teknik diskusi berpasangan dengan bantuan media video klip. Satu kelas lain, yaitu kelas XI IPA 1 dijadikan sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan pada kelompok kontrol, yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes menulis naskah drama. Hasil menulis naskah drama siswa diberi skor dengan menggunakan kisi-kisi penilaian mengenai aspek orisinalitas ide, penokohan, teknik penulisan (dialog dan kramagung), alur dan latar. Uji persyaratan analisis data dilakukan terlebih dahulu, yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors. Dari hasil perhitungan uji normalitas, pada kelas eksperimen diperoleh Lo pretes = 0,1079 dan Lo postes = 0,0709. Sementara itu, di kelas kontrol diperoleh Lo pretes = 0,1001 dan Lo postes = 0,1251. Adapun Lt (Ltabel) sebesar 0,1438 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, sampel penelitian ini berdistribusi normal karena Lo lebih kecil dari Lt. Untuk uji homogenitas, digunakan rumus uji Barlet. Dari hasil penghitungan diperoleh X2 tabel sebesar 3,84 sedangkan X2 hitung sebesar 1,63 dengan derajat kebebasan (dk) = (N-1) = 38– 1 = 37, dan taraf signifikan α = 0,05. Maka diperoleh X2 tabel = 3,84 lebih kecil daripada X2 hitung= 1,63 dengan melihat kriteria pengujian yang telah dijelaskan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut mempunyai varians yang sama atau homogen. Selanjutnya, dilakukan pengujian hipotesis dengan uji-t. berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 2,679 dan ttabel = 1,665 dalam α = 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh teknik diskusi berpasangan dengan bantuan media video klip terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas kelas XI SMA Negeri 90 Jakarta diterima. Berdasarkan hasil penelitian, pengunaan teknik diskusi berpasangan dengan bantuan media video klip dapat diterapkan sebagai salah satu media pengajaran untuk pembelajaran menulis naskah drama. Media ini pada dasarnya memiliki kelebihan dapat membuat siswa lebih termotivasi dalam menulis naskah drama, kreatif dalam mengungkapkan perasaan, dan variatif dalam pembentukkan dialog. Selain itu membantu siswa menuangkan gagasan–gagasan ke dalam sebuah naskah drama dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan karena pembelajaran tidak berjalan secara individu. Kata kunci: teknik diskusi berpasangan dengan bantuan media video klip, menulis naskah drama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) HehT'Tiana Rosa, M. Hum. 2.) Dr. Endry Boeriswati, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 22 Oct 2019 10:59
Last Modified: 22 Oct 2019 10:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item