ENENG SARAH, . (2019) UPAYA MENINGKATAKAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN MEDIA FLASHCARD (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELOMPOK A BKB PAUD MULIA PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER-NIM.pdf Download (163kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (149kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (266kB) |
|
Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (210kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (274kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (194kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (218kB) |
|
Text
11. BAB 1 .pdf Download (426kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) | Request a copy |
|
Text
11. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) | Request a copy |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
11. BAB 5.pdf Download (439kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (667kB) |
|
Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (186kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia 3-4 tahun di BKB PAUD Mulia Pulogadung, Jakarta Timur melalui permainan media falshcard. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak satu siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di BKB PAUD Mulia sebanyak 10 anak. Pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis presentase data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pendapat kesepakatan peneliti dan kolabolator yang menyatakan bahwa hasil akhir dari ketercapaian tindakan sebesar 71%. Analisis kuantitatf dari hasil data pra penelitian dengan siklus I terdapat peningkatan pengenalan huruf hijaiyah dari 48,5% menjadi 71,25% . Berdasarkan presentase ketercapaian hasil dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan media hijaiyah flashcard dapat meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah anak usia 3-4 tahun di BKB PAUD Mulia Pulogadung Jakarta Timur. Berdasarkan data kualitatif Setelah pemberian kegiatan permainan media flashcard anak mengalami peningkatan dalam kemampuan mengenal huruf hijaiyah meliputi membedakan dan melafalkan huruf hijaiyah yang tidak berharakat dengan huruf hijaiyah berharakat fathah, kasrah, dhomah, dan dapat membedakan huruf hijaiyah yang memiliki kemiripan bentuk huruf. Oleh karena itu, kegiatan permainan media flashcard dapat digunakan oleh guru dan pihak sekolah sebagai alternative kegiatan dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia 3-4 tahun. Kata Kunci : hijaiyah, mengenal huruf hijaiyah, permainan media flashcard, Anak usia 3-4 tahun,. This class action research aims to improve the ability to recognize hijaiyah letters of children aged 3-4 years at BKB Mulia Pulogadung, East Jakarta through falshcard media games. The method used is classroom action research conducted in one cycle, each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The research subjects were children aged 3-4 years in BKB PAUD Mulia as many as 10 children. Data collection uses field notes, action monitoring sheets, interview notes and documentation notes. Analysis of the percentage of data used in this study is based on the opinion of researchers and collaborators who state that the final results of achieving the action amounted to 71%. Quantitative analysis of the results of pre-research data with the first cycle there is an increase in recognition of hijaiyah letters from 48.5% to 71.25%. Based on the percentage of achievement of the results of this study, it can be concluded that the hijaiyah flashcard media activities can increase the introduction of hijaiyah letters for children aged 3-4 years at BKB PAUD Mulia Pulogadung, East Jakarta. Based on qualitative data After giving flashcard card game activities, children have increased ability to recognize hijaiyah letters, including distinguishing and reading hijaiyah letters that are not socialized with hijaiyah letters with fathah, kasrah, dhomah, and can distinguish hijaiyah letters that have letter shapes that are not socialized similar. Therefore, flashcard media game activities can be used by teachers and schools as an alternative activity in an effort to improve the ability to recognize hijaiyah letters for children aged 3-4 years. Keywords: hijaiyah, recognize hijaiyah letters, falshcard media games, 3-4 years old
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.Dra.Yudrik Jahja,M.Pd. ; 2.Dr.Yuliani Nurani,M.Pd. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 603 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 11:43 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 11:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4152 |
Actions (login required)
View Item |