PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROBLOG DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AL AZHAR KELAPA GADING

ANNISA SWESTY SUCIATI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROBLOG DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AL AZHAR KELAPA GADING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Annisa Swesty Suciati: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microblog Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Atas Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta: Skripsi, Jakarta. Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta 2023 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kosakata bahasa Arab berbasis microblog untuk SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta. Penelitian ini dilakukan untuk menciptakan sebuah media pembelajaran yang efektif, inovatif, interaktif, dan dapat memudahkan siswa untuk menambah kosakata baru. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri atas 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. tahap analisis dilakukan kepada guru bahasa arab dan 58 siswa kelas XI di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta. Pada tahap kedua dan ketiga peneliti mendesign dan mengembangkan media microblog untuk pembelajaran kosa kata bahasa arab menggunakan aplikasi canva, capcut dan vn. Tahap berikutnya, dilakukan dengan penerapan media yang telah dikembangkan di dalam ruang kelas, instagram, facebook dan tiktok. Pada tahap terakhir, materi diuji cobakan kepada ahli materi, ahli media dan siswa dengan skor penilaian menggunakan skala likert. Hasil analisis dari angket kebutuhan siswa sebesar (67,2%) menyatakan bahwa pembelajaran kosakata bahasa Arab belum menggunakan media pembelajaran interaktif dan 94,8% siswa menginginkan media pembelajaran interaktif untuk mempelajari kosakata bahasa Arab yang dipublikasikan di instagram, facebook dan tiktok. Selain itu, hasil analisis angket kebutuhan dengan guru menyatakan bahwa siswa kesulitan dalam pembelajaran kosa kata Bahasa arab dan media pembelajaran yang digunakan guru saat ini belum cukup untuk mendukung proses pembelajaran kosakata bahasa Arab. Maka dari itu, guru dan siswa menginginkan media pembelajaran interaktif. Peneliti telah membuat 20 design media pembelajaran berbasis microblog yang terbagi menjadi foto dan video. Pada tahap pengembangan, peneliti telah mengembangkan design media microblog melalui aplikasi canva & capcut. Pada tahap implementasi, peneliti telah melakukan implementasi di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta dan memposting ke social media (Instagram,facebook dan tiktok). Hasil penilaian ahli materi mendapatkan persentase 89,09%. Sedangkan hasil penilaian ahli media mendapatkan persentase 90,90% dan hasil evaluasi dari siswa mendapatkan persentase 81,29%.Berdasarkan penilaian di atas, media pembelajaran kosakata berbasis microblog ini layak untuk diuji cobakan pada Sekolah Menengah Atas Islam Al- Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara. Kata Kunci: Kosa Kata Bahasa Arab, Media Interaktif, Media Microblog. ***** Annisa Swesty Suciati: Development of Microblog-Based Learning Media in Learning Arabic Vocabulary at Al-Azhar Islamic High School Kelapa Gading Jakarta: Thesis, Jakarta. Arabic Language Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta 2023. This study aims to develop microblog-based Arabic vocabulary learning media for Al-Azhar Islamic High School Kelapa Gading Jakarta. This research was conducted to create an effective, innovative, interactive learning media that can make it easier for students to add new vocabulary. This research uses development research with the ADDIE model, which consists of 5 stages, need analysis, design, development, implementation and evaluation. The analysis phase was carried out on Arabic language teacher and 58 class XI students at Al-Azhar Kelapa Gading Islamic High School, Jakarta. In the second and third stages the researcher designed and developed microblog media for learning Arabic vocabulary. The next stage is carried out with the application of media that has been developed in the classroom and social media Instagram, Facebook and Tiktok. In the last stage, the material was tested on material experts, media experts and students with an assessment score using a likert scale. The results of the analysis of the student needs questionnaire (67.2%) stated that learning Arabic vocabulary had not used interactive learning media and 94.8% of students wanted interactive learning media to learn Arabic vocabulary published on Instagram, Facebook and Tiktok. In addition, the results of the analysis of the needs questionnaire with the teacher stated that students had difficulty learning Arabic vocabulary and the learning media used by the teacher was currently not sufficient to support the process of learning Arabic vocabulary. Therefore, teacher and students want interactive learning media. Researcher have made 20 designs of microblog-based learning media which are divided into photos and videos. At the development stage, researcher have developed microblog media designs through the Canva & CapCut applications. At the implementation stage, the researcher implemented it at Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Islamic High School and posted it on social medias (Instagram, Facebook and Tiktok). The results of the material expert's evaluation get a percentage of 89.09%. While the results of media experts' evaluation obtained a percentage of 90.90% and evaluation results from students obtained a percentage of 81.29%. Based on the assessment above, this microblog-based vocabulary learning media is feasible to be tested at Al-Azhar Kelapa Gading Islamic Senior High School North Jakarta. Keywords: Arabic Vocabularies, Interactive Media, Microblog Media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohammad Sarip, MA. ; 2). Dr. Puti Zulharby, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 20749 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:04
Last Modified: 06 Oct 2023 04:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43057

Actions (login required)

View Item View Item