FIRDAH TAZKIYAH, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD PADA ANAK AUTIS (SINGLE SUBJECT RESEARCH DI SEKOLAH WINDSOR HOMESCHOOLING TAMAN PALEM). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (310kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (398kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (324kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (512kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (246kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian subjek tunggal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media pembelajaran flashcard pada anak autis di sekolah Windsor Homeschooling Taman Palem. Sampel dalam penelitian ini adalah seorang anak autis yang berinisial WO yang berada di kelas II tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian subjek Tunggal dengan desai A-B-A. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan pencatatan data observasi langsung dan analisis dengan analisis dalam kondisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran flashcard memberikan hasil yang positif terhadap kemampuan membaca anak autis di sekolah Windsor homeschooling Taman Palem. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca suku kata pada fase baseline (A1) diperoleh rata-rata nilai 33,33%, pada fase intervensi diperoleh dengan rata-rata nilai 80,82% dan pada fase baseline (A2) rata-rata nilai 86,66%. Kemudian pada kemampuan membaca kata pada fase baseline (A1) rata-rata nilai 33,33%, setelah dilakukannya intervensi pada fase (B) rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 82,21%, dan setelah diberikannya fase intervensi rata-rata perolehan yang didapat pada fase baseline (A2) adalah 87,77%. Menggunakan media pembelajaran flashcard menjadi salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak autis. Kata Kunci: autis, membaca permulaan, flashcard. This research aims to improve early reading skills using flashcard learning media in children with autism at the Windsor Homeschooling Taman Palem school. The sample in this study was an autistic child with the initials WO who was in class 2 at the elementary school level. This research uses single-subject research with an A-B-A design. Data collection in this research was carried out by recording direct observation data and analyzing it using analysis under conditions. The results of this research show that using flashcard learning media provides positive results on the reading ability of children with autism at the Windsor homeschooling school Taman Palm. These results show that the ability to read syllables in the baseline phase (A1) obtained an average score of 33.33%, in the intervention phase an average score of 80.82% was obtained, and in the baseline phase (A2) an average score of 86, 66%. Then the word reading ability in the baseline phase (A1) averaged 33.33%, after the intervention in phase (B) the average data obtained increased to 82.21%, and after the intervention phase was given the average gain obtained in the baseline phase (A2) was 87.77%. Using flashcard learning media is one way that teachers can use to improve early reading skills in children with autism. Keywords: autism, early reading, flashcards.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 21248 not found. |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 01:35 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 05:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43453 |
Actions (login required)
View Item |