STRATEGI KAMPANYE DAN BRANDING POLITIK ANIES BASWEDAN MELALUI INSTAGRAM @UBAHBARENG DALAM MERAIH SUARA GENERASI Z PADA PEMILU 2024

DANANG FEBRIANTO, . (2024) STRATEGI KAMPANYE DAN BRANDING POLITIK ANIES BASWEDAN MELALUI INSTAGRAM @UBAHBARENG DALAM MERAIH SUARA GENERASI Z PADA PEMILU 2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kampanye dan branding politik Anies Baswedan melalui Instagram @ubahbareng dalam usaha meraih suara generasi z pada Pemilu 2024, dalam hal ini penelitian berfokus pada akun Instagram @ubahbareng. Waktu penelitian dimulai dari November 2023 – Januari 2024 dan berlangsung dalam lingkup ubah bareng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan maksud peneliti dapat melakukan wawancara lebih mendalam tim ubah bareng dan mahasiswa sebagai perwakilan responden generasi z. Selain itu teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kampanye yang dilakukan Anies Baswedan melalui ubah bareng adalah dengan membentuk ruang atau forum yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk bertanya langsung, sedangkan dalam branding politik mengedepankan kepada personality value dari seorang Anies Baswedan yang mengedepankan politik berbasis ide dan gagasan. Bagi generasi z menawarkan hal baru dalam cara berkampanye politik dan pemberian ruang terhadap aspirasi, hal ini yang pada akhirnya menjadi perhatian bagi generasi muda untuk mempengaruhi keputusan untuk memilih. *** This research aims to find out what Anies Baswedan political campaign and branding strategy is through Instagram @ubahbareng in an effort to win the votes of generation z in the 2024, in this case the research focuses on the Instagram account @ubahbareng. The research period starts from November 2023 – Januari 2024 and ntakes place within the scope of ubah bareng. The method used in this research is descriptive qualitative with the aim of research being able to conduct more in-depth interviews with the ubah bareng team and students as representatives of generation z respondents. Apart from that, data collection techiques are carried out through observatuon, interviews, documentatuon, while data analysis techniques use data reduction, data presentatio, drawing conclusions. The results of this research show that the campaign strategy carried out by Anies Baswedan and ubah bareng team is to create a space or forum that provides opportunities for the public to ask question directly, while in political branding it prioritizes the personality values of Anies Baswedan who prioritizes ideas and idea based politics. Generation Z offers new things in the way of political campaigning and providing space for aspirations, this is what ultimately becomes a concern for the younger generation to the influence the decision to vote.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Martini, SH., MH. ; 2). Dr. Dian Alfia Purwandari, M.Si.
Subjects: Ilmu Politik > Ilmu Politik (umum)
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 20968 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:22
Last Modified: 29 Jan 2024 02:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43591

Actions (login required)

View Item View Item