PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN PAYLATER PADA E-COMMERCE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PRODUK FASHION

PUTRI ANASTASYA VERNANDA, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN PAYLATER PADA E-COMMERCE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PRODUK FASHION. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sistem pembayaran paylater pada e-commerce terhadap impulsive buying produk fashion. Paylater merupakan salah satu sistem pembayaran pada e-commerce yang penggunaannya mengalami peningkatan karena dapat melakukan pembelian dengan metode pembayaran jatoh tempo yang ditentukan. Hal tersebut dapat menimbulkan munculnya impulsive buying terhadap produk fashion untuk memenuhi gaya hidup. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 120 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulkan data responden dilakukan dengan menggunakan google form. Analisis data yang digunakan adalah uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat penggunaan sistem pembayaran paylater tinggi. Hal ini didukung oleh salah satu indikator dalam penggunaan paylater yaitu persepsi manfaat. Dimana terjadinya perubahan perilaku konsumen karena mengacu pada manfaat yang diberikan oleh paylater kepada konsumen yaitu transaksi menjadi lebih cepat dan dapat memenuhi kebutuhan tanpa menunggu dana cukup dengan menunda pembayaran. Tingkat impulsive buying produk fashion konsumen juga berada pada posisi tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh indikator kegembiraan dan dorongan. Dimana perubahan perilaku konsumen mengacu pada adanya perasaan gembira pada saat membeli produk fashion yang menarik dan bagus. Adanya dorongan dari produk fashion yang sering terlihat sehingga tidak dapat melawan keinginan untuk melakukan pembelian walaupun tidak terlalu membutuhkannya. Hasil analisis data menunjukan bahwa tidak ada pengaruh antara penggunaan sistem pembayaran paylater pada e-commerce dengan impulsive buying produk fashion. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen cenderung impulsive dalam melakukan pembelian produk fashion pada e-commerce baik menggunakan paylater maupun tidak menggunakan paylater. ***** Kata kunci : Fashion, Impulsive buying, Paylater This research aims to determine the effect of using the payLater payment system in e-commerce on impulsive buying of fashion products. Paylater is a payment system in e-commerce whose use has increased because it can make purchases using a predetermined payment method. This can give rise to impulsive buying of fashion products to fulfill your lifestyle. This research uses a survey method with a quantitative approach. The sample for this research was 120 with sampling using accidental sampling technique. Respondent data was collected using Google Form. The data analysis used was the chi square test. The results of this research show that the level of use of the paylater payment system is high. This is supported by one indicator of paylater use, namely perceived benefits. Where there is a change in consumer behavior because it refers to the benefits provided by paylaters to consumers, namely transactions become faster and can fulfill needs without waiting for funds by simply delaying payment. The level of impulsive buying of consumer fashion products is also at a high position. This is influenced by indicators of excitement and drive. Where changes in consumer behavior refer to feelings of joy when buying attractive and good fashion products. There is encouragement from fashion products that are often seen so that you cannot fight the desire to make a purchase even though you don't really need it. The results of data analysis show that there is no influence between the use of the PayLater payment system in e-commerce and impulsive buying of fashion products. The results of this research can be concluded that consumer behavior tends to be impulsive in purchasing fashion products on e-commerce, whether using paylater or not using paylater. Keywords : Fashion, Impulsive buying, Paylater

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Esty Nurbaity Arrsyi, S.Pd., M.KM. ; 2). Dra. Suryawati, M.Si.
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 21416 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2024 05:23
Last Modified: 01 Feb 2024 05:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44062

Actions (login required)

View Item View Item