UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN KEREO 1 KOTA TANGERANG

AYU YULIANNI, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN KEREO 1 KOTA TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN (17)_compressed (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila di ranah kognitif tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS) dengan menggunakan model pembelajaran project-based learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Kereo 1 Kota Tangerang. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B yang berjumlah 30 orang peserta didik. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Data hasil belajar HOTS Pendidikan Pancasila pada siklus I mencapai 73,33% ketuntasan, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dan telah memenuhi kriteria ketercapaian yang ditetapkan dengan hasil belajar HOTS mencapai 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran project-based learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat meningkatkan hasilbelajar peserta didik kelas IV B SDN Kereo 1 Kota Tangerang. Sehingga, guru dapat menggunakan model pembelajaran project-based learning sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar HOTS peseta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. ***** This classroom action research aims to improve learning outcomes in Pancasila Education subjects in the cognitive lever or higher-order thinking skills (HOTS) by using a project-based learning model. This classroom action research was carried out at SDN Kereo 1, Tangerang City. The subjects of this research were 30 students of IV B class. The research followed the Kemmis and Mc. Taggart model of classroom action research. The data on Pancasila Education subjects in the HOTS learning outcomes in the first cycle reached 73.33% completeness. However, in the second cycle, there was an improvement experienced and reach the achievement criteria set with HOTS learning outcomes achieved 90% completeness. This research concludes that the application of the project-based learning model in Pancasila education learning can improve the HOTS learning outcomes of class IV B students at SDN Kereo 1 Tangerang City. Therefore, teachers can consider using the project-based learning model as an alternative for improving the HOTS learning outcomes of students in Pancasila Education subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Linda Zakiah, M.Pd. ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21913 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:58
Last Modified: 19 Feb 2024 01:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44488

Actions (login required)

View Item View Item