IDAH YUNIASIH, . (2023) PENGARUH KEPEDULIAN LINGKUNGAN, KEPRIBADIAN, DAN PARADIGMA LINGKUNGAN BARU TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PRODUK HIJAU MAHASISWA (Studi Kausal Pada Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (475kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text
Lembar pernyataan repositori.pdf Download (70kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kebutuhan dasar manusia harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia. Kegiatan konsumsi dan produksi sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan manusia harus memperhatikan lingkungan. Perusahaan tidak hanya memproduksi produk ramah lingkungan namun juga Perusahaan yang memperhatikan green production dan green marketing. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi kausal tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian produk hijau: kepedulian lingkungan, kepribadian, dan paradigma lingkungan baru. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis jalur (Path Analysis). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen. Penelitian ini menggunakan 160 mahasiswa sebagai sampel. Empat instrumen untuk mengukur kepedulian lingkungan (30 item, rel .927 ), kepribadian (43 item, rel .972 ), paradigma lingkungan baru (38 item, rel .961), dan perilaku pembelian produk hijau (26 item, rel .947 ). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung dan signifikan Kepedulian Lingkungan terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau, pengaruh langsung dan signifikan Kepedulian Lingkungan terhadap Paradigma Lingkungan Baru, pengaruh langsung dan signifikan Kepribadian terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau, pengaruh langsung dan signifikan Kepribadian terhadap Paradigma Lingkungan Baru, pengaruh langsung dan signifikan Paradigma Lingkungan Baru terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau, terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan Kepedulian Lingkungan terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau melalui Paradigma Lingkungan Baru, terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan Kepribadian terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau melalui Paradigma Lingkungan Baru. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kepedulian lingkungan, kepribadian, dan paradigma lingkungan baru memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap perilaku pembelian produk hijau pada Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. Kata Kunci : Kepedulian Lingkungan, Paradigma Lingkungan Baru, Kepribadian, Perilaku Pembelian Produk Hijau ABSTRACT Basic human needs should be filled for human survival and growth. Consumption and production activities as an effort to fulfill human needs must pay attention to the environment. Consumers must be able to sort out which products to consume, companies that are pro-environmental and green marketing. This research was aimed to find out the causal study on the factors that affect green purchase behavior: environmental concern, personality, and new environmental paradigm. The research method used survey with a causal approach and characterized by a data analysis technique using path analysis. The data were collected using the instruments. This research used 160 students as sample. The are four instruments for measuring environmental concern (30 items, rel .927 ), personality (43 items, rel .972 ), new environmental paradigm (38 items, rel .961), and green purchase behavior (26 items, rel .947 ). The research finding showed there was a direct and significant effect Enviromental Concern on Green Purchase Behavior, a direct and significant effect Enviromental Concern on New Enviromental Paradigm, there was a direct and significant effect Personality on Green Purchase Behavior, there was a direct and significant effect Personality on New Enviromental Paradigm, there was a direct and significant effect New Enviromental Paradigm on Green Purchase Behavior, there was an indirect and significant effect Enviromental Concern on Green Purchase Behavior throught New Enviromental Paradigm, there was an indirect and significant effect Personality on Green Purchase Behavior throught New Enviromental Paradigm. Based on those findings, it could be conclude that environmental concern, personality, and new environmental paradigm had direct and indirect effect on green purchase behavior of Student’s Bina Sarana Informatika University. Keywords: Enviromental Concern, Personality, New Enviromental Paradigm, Green Purchase Behavior
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. I Made Putrawan 2). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan Pendidikan > Pendidikan Dasar Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Lingkungan |
Depositing User: | Users 22161 not found. |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 05:01 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 05:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45157 |
Actions (login required)
View Item |