FINTECH PEER-TO-PEER LENDING: PENGUJIAN MODEL PENENTU ADOPSI DAN ANALISIS STRATEGI PADA UKM

RUDY SUNARDI, . (2024) FINTECH PEER-TO-PEER LENDING: PENGUJIAN MODEL PENENTU ADOPSI DAN ANALISIS STRATEGI PADA UKM. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dibangun dengan mengusulkan grand theory dan model empiris untuk mendapatkan luaran-luaran stratejik adopsi fintech pada UKM berbasis pada analisis SEM dan SWOT. Mengkonfirmasi dan menguji: faktorfaktor Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Relative Advantage, Compatibility, Trust, Quality of Service dan Perceived Risk pada adopsi fintech P2P lending dan permasalahannya dengan luaran-luaran stratejik pada industrinya. Penelitian dilakukan pada pengguna P2P lending platform di Indonesia. Jumlah responden adalah 587 pengguna untuk mendapatkan data primer. Pengukuran variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan multiple indikator, kemudian dianalisis mengunakan Structural Equation Modeling dengan perangkat lunak SPSS Ver.23 dan AMOS Ver. 23. Data sekunder menggunakan sumber dari artikel jurnal, laporan internal, laporan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), laporan dari Bank Indonesia (BI), laporan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH). Kerangka kerja systematic review digunakan dalam pengumpulan data sekunder dengan metasintesis, kemudian dianalisis menggunakan evaluasi lingkungan industrinya, yaitu lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Temuan-temuan dari penelitian ini adalah: 1) Kegunaan fintech adalah premis utama sikap terhadap pemanfaatannya, faktor kegunaan menunjukkan lebih meningkatkan kinerja pekerjaan konsumen; 2) Kemudahan dengan menggunakan fintech berpengaruh positif dalam pemanfaatannya; 3) Kemudahan ini juga berpengarih positif dalam meningkatkatkan kegunaan fintech dibanding solusi yang tersedia saat ini; 4) Keunggulan relatif fintech berpengaruh positif dalam meningkatkan pemanfaatan fintech dibanding solusi yang tersedia; 5) Keunggulan relatif ini juga berpengaruh positif meningkatkan faktor kegunaan fintech; 6) Kompatibilitas fintech berpengaruh positif dalam meningkatkan kegunaan fintech, menunjukkan inovasi fintech selaras dengan pengalaman dan kebutuhan konsumen; 7) Tingkat kepercayaan sebagian besar konsumen terhadap fintech non-bank masih sangat rendah, namun secara keseluruhan variabel ini tidak menghentikan pemanfaatan fintech; 8) Risiko di sisi peminjam dan pemberi pinjaman mempengaruhi faktor kepercayaan konsumen fintech; 9) Kualitas layanan fintech berpengaruh positif dalam meningkatkan kepercayaan konsumen; 10) Kualitas layanan ini juga berpengaruh di dalam mengurangi (bersifat negatif) pada risiko konsumen. Rekomendasi dari penelitian ini adalah: untuk membangun industri fintech P2P lending harus didasarkan pada basis adopsi inovasi teknologi dan basis sumberdaya secara terintegrasi. Pada level operasional perlu ditingkatkan kinerja industri fintech dengan memformulasikan strategi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan penggunaan produk fintech secara terintegrasi pada UKM untuk bisnis yang berkelanjutan. Sedangkan pada level kebijakan publik, diperlukan peningkatan sektor pengawasan sehingga sedini mungkin dapat mencegah terjadinya penyimpangan dan pelanggaran dari peraturan dan perundang-undangan yang sudah dibuat oleh regulator. Kata kunci: Adoption strategy, Financial technology, Peer-to-Peer lending, SEM, Systematic review, SWOT

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hamidah, M.Si.; 2). Prof. Agung Dharmawan Buchdadi, M.M., Ph.D.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: Users 21871 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:00
Last Modified: 20 Mar 2024 04:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45287

Actions (login required)

View Item View Item