DAVID CHRISTOVER SIRAIT, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI INDONESIA (SURVEI PADA AKUN @pesonaindonesia). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (742kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (679kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan di Indonesia. Penelitian ini juga meneliti bagaimana pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap minat berkunjung wisatawan, dengan fokus pada akun @pesonaindonesia yang dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Mengingat penggunaan media sosial yang semakin meningkat untuk promosi destinasi wisata, penting untuk memahami sejauh mana konten TikTok dapat memengaruhi keputusan wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah followers atau pengikut akun TikTok yang dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan nama pengguna @pesonaindonesia, dan populasi sasarannya dalam penelitian ini adalah pengikut yang sudah melihat beberapa akun yang disuguhkan oleh akun tersebut dengan sampel sebanyak 400 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dianalisis menggunakan teknik regresi untuk menguji hubungan antara media sosial dan jumlah followers. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan alat analisis SPSS 29.0 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung dengan nilai sebesar 48%. This study aims to analyze the influence of social media usage on tourists' interest in visiting Indonesia. It also examines how the use of TikTok influences the interest of tourists to visit, focusing on the @pesonaindonesia account managed by the Ministry of Tourism and Creative Economy. Given the increasing use of social media for promoting tourist destinations, it is crucial to understand the extent to which TikTok content can influence tourists' decisions to visit these places. The population and sample in this study are the followers of the TikTok account managed by the Ministry of Tourism and Creative Economy with the username @pesonaindonesia. The target population in this study is followers who have viewed several accounts featured by this account, with a sample size of 400 respondents. This research uses a quantitative method. Data are analyzed using regression techniques to test the relationship between social media and the number of followers. Data collection is done using questionnaires and processed using the SPSS 29.0 version analytical tool. The results show that social media has a positive and significant influence on the interest in visiting, with a value of 48%..
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1). Mentari Anugrah Imsa, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital |
Depositing User: | Users 22441 not found. |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 23:22 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 23:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45718 |
Actions (login required)
View Item |