ASTRID NURUL YUNISA, . (2024) STRATEGI PEMASARAN PRAMUWISATA DI JAKARTA (STUDI KASUS DPD HPI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Strategi pemasaran adalah hal yang sangat krusial untuk dilakukan oleh bisnis atau organisasi. Himpunan Pariwisata Indonesia atau juga disingkat HPI merupakan sebuah badan yang membawahi banyak pramuwisata di seluruh Indonesia. Pramuwisata adalah yang bertugas untuk memberi informasi, menjelaskan serta menarik perhatian pengunjung saat berada di lingkungan wisata. Pramuwisata merupakan sebuah elemen yang penting dalam strategi pemasaran karena dapat berinteraksi langsung dengan para pengunjung. Jakarta yang merupakan daerah metropolitan, memiliki begitu banyak tempat wisata, namun sayangnya belum seluruhnya memiliki statistik pengunjung yang cukup memuaskan. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang memadai sangatlah dibutuhkan dalam meningkatkan kunjungan terhadap wisata-wisata di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan informasi dari narasumber melalui metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pramuwisata pada Dewan Perwakilan Daerah Himpunan Pariwisata Indonesia di Jakarta belum secara efektif dan optimal melakukan strategi pemasaran. ------------------------------------------ Marketing strategy is a very crucial thing for a business or organization to do. The Indonesian Tourism Association or also abbreviated as HPI is a body that oversees many tour guides throughout Indonesia. A tour guide is tasked with providing information, explaining and attracting visitors' attention while in a tourist environment. Tour guides are an important element in marketing strategies because they can interact directly with visitors. Jakarta, which is a metropolitan area, has so many tourist attractions, but unfortunately not all of them have satisfactory visitor statistics. Therefore, an adequate marketing strategy is needed to increase visits to tourism in Jakarta. This research is descriptive qualitative research that uses information from sources through interview methods. The results of the research show that the role of tour guides in the Regional Representative Council of the Indonesian Tourism Association in Jakarta has not implemented marketing strategies effectively and optimally.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Jenal Abidin, S.Pd., M.M.Par. 2) Rahmat Darmawan, S.Pd., M.M.Par. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | Users 22743 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 04:32 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 04:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45843 |
Actions (login required)
View Item |