ANGGITA WULANDARI, . (2024) ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PADA TRAVEL HAJI DAN UMRAH (STUDI KASUS GAIDO TRAVEL AND TOURS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover, Abstark, Lembar Pengesahan, Lembar Originalitas, Surat Pernyataan Persetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf Download (872kB) |
|
Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (418kB) |
|
Text
BAB 2 Landasan Teori.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 Metodologi.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4 Hasil & Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5 Kesimpulan & Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (365kB) |
|
Text
Lampiran & Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Analisis SWOT merupakan kajian sistematik terhadap faktor-faktor kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weaknesses) internal perusahaan dengan peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats) lingkungan yang dihadapi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada Gaido Travel and Tours berdasarkan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan alat kumpul data yaitu pedoman observasi, wawancara serta dokumentasi. Sumber data yang digunakan meliputi informasi dari Assistan Manajer perusahaan dan Sales Marketing Gaido Travel and Tours. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat beberapa Strategi Pemasaran di Gaido Travel and Tours dalam hal pemasaran antara lain dengan menggunakan Halal Travel Consultant, Ekspansi Kantor Cabang dan juga Melalui Media Sosial. 2) Berdasarkan analisis SWOT, dapat disimpulkan bahwa Gaido Travel and Tours memiliki beberapa kekuatan utama yang dapat dijadikan fondasi untuk pertumbuhan dan pengembangan bisnis. Kekuatan tersebut antara lain adalah pelayanan dan fasilitas terbaik, memiliki surat izin yang lengkap, serta memiliki kantor cabang di berbagai daerah. Namun demikian, perusahaan juga menghadapi beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan kurangnya koordinasi antara pihak cabang dengan kantor pusat. Di sisi lain, terdapat berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan oleh Gaido Travel and Tours, termasuk mengikuti kemajuan teknologi, memiliki Halal Tourism Certification (HTC), mayoritas penduduk beragama Islam, dan pembimbing yang berkompeten. Namun, perusahaan juga harus mewaspadai sejumlah ancaman yang bisa mempengaruhi kinerja bisnis, seperti persaingan yang semakin ketat. Dengan memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman ini, Gaido Travel and Tours dapat merumuskan strategi yang lebih tepat untuk meningkatkan keunggulan kompetitif, memperbaiki kelemahan internal, memanfaatkan peluang yang ada, dan mengatasi berbagai ancaman yang mungkin dihadapi di masa depan. Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Haji dan Umrah. SWOT analysis is a systematic study of a company's internal strengths and weaknesses and the environmental opportunities and threats the company faces. This research aims to determine the marketing strategy at Gaido Travel and Tours based on SWOT analysis. The research method used is qualitative research with data collection tools, namely observation, interview and documentation guidelines. The data sources used include information from the company's Assistant Manager and Gaido Travel and Tours Sales Marketing. The data analysis techniques used in this research are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Checking the validity of the data using triangulation. The results of this research show that 1) There are several marketing strategies at Gaido Travel and Tours in terms of marketing, including using Halal Travel Consultants, Branch Office Expansion and also through Social Media. 2) Based on the SWOT analysis, it can be concluded that Gaido Travel and Tours has several main strengths that can be used as a foundation for business growth and development. These strengths include the best service and facilities, having complete permits, and having branch offices in various regions. However, the company also faces several weaknesses that need to be corrected, such as limited human resources and lack of coordination between branches and head office. On the other hand, there are various opportunities that Gaido Travel and Tours can take advantage of, including following technological advances, having Halal Tourism Certification (HTC), the majority of the population being Muslim, and competent guides. However, companies also have to be aware of a number of threats that could affect business performance, such as increasingly fierce competition. By understanding these strengths, weaknesses, opportunities and threats, Gaido Travel and Tours can formulate more appropriate strategies to increase competitive advantages, improve internal weaknesses, take advantage of existing opportunities and overcome various threats that may be faced in the future. Keywords: SWOT Analysis, Marketing Strategy, Hajj and Umrah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Heryanti Utami, S.ST.Par., M.M.Par 2). Rezka Fedrina, S.ST.Par., M.M |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pariwisata Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | Users 22587 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:05 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 04:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46220 |
Actions (login required)
View Item |