ELIZA PUTRI MAHARANI, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN @coppamagz TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PENGGEMAR K-POP (SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @coppamagz PERIODE FEBRUARI 2024). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (849kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (505kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
@coppamagz adalah akun media sosial Instagram yang mempunyai konten berisikan informasi seputar aktivitas selebritas Korea Selatan dan kebudayaan k-pop. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram pada akun Instagram @coppamagz terhadap pemenuhan kebutuhan informasi penggemar k-po. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification. Karena teori ini menjelaskan bahwa dimana pengguna media mempunyai peran yang sangat besar dalam memilih media yang digunakan untuk mencari informasi dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian eksplanatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan populasi followers akun Instagram @coppagamgz berjumlah 1,6 juta followers dan disebar kepada 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purpossive sampling.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, linearitas, korelasi, regresi linear sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis.Dari hasil analisis, koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif. Dilihat dari hasil koefisien regresi bernilai positif dan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung > t table. Hasil tersebut menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha Diterima. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh antara Penggunaan Media Sosial Instagram akun Instagram @coppamagz Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Penggemar K-pop. @coppamagz is an Instagram social media account that contains information about the activities of South Korean celebrities and k-pop culture. The purpose of this study was to determine the effect of using Instagram social media on the @coppamagz Instagram account on meeting the information needs of k-pop fans. The theory used in this study is the theory of Uses and Gratification. Because the theory explains that media users have a very large role in choosing the media used to find information in meeting information needs. The approach used in this study is a quantitative approach with the type of explanatory research. The method used is a survey method with data collection techniques using questionnaires with a population of followers of @coppamagz Instagram account totaling 1.6 million followers and distributed to 100 respondents who were selected using purpossive sampling technique. Data analysis techniques used are normality test, linearity, correlation, simple linear regression, coefficient of determination and hypothesis testing. From the results of the analysis, the correlation coefficient value between variabel X and variabel Y there is a very strong and positive relationship. Judging from the results of hypothesis testing, it can be concluded that the value of t count > t table. This figure shows that Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this study is that there is an influence between the use of Instagram social media on the Instagram account @coppamagz on Fulfilling the Information Needs of K-pop Fans.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1). Wina Puspita Sari, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital |
Depositing User: | Users 22470 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 05:35 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 05:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46293 |
Actions (login required)
View Item |