WARDAH LUTFI, . (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA RUMAH SAKIT UMUM MENTENG MITRA AFIA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (885kB) | Request a copy |
Abstract
Rumah Sakit Umum Menteng Mitra Afia mengalami penurunan jumlah pasien pada masa COVID-19. Rumah Sakit Umum Menteng Mitra Afia perlu meningkatkan mutu layanan mereka untuk meningkatkan jumlah pasien. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana pemasaran produk pelayanan jasa menggunakan strategi komunikasi pemasaran digital juga hambatan yang dialami selama menjalankan strategi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh melalui wawancara secara mendalam dengan pihak pengelola Rumah Sakit Umum Menteng Mitra Afia. Penelitian ini menggunakan 3 teori yaitu, strategi komunikasi pemasaran, pemasaran digital dan model AISAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum Menteng Mitra Afia telah mengutamakan Social Media Marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran digital. Instagram dan Facebook digunakan sebagai media utama dalam melakukan strategi promosi rumah sakit. Selain itu Rumah Sakit Umum Menteng Mitra Afia juga menjalankan pemasaran melalui media lainnya seperti, Instanst Messenger digunakan dalam melakukan komunikasi dua arah dengan konsumen, laman Website resmi rumah sakit itu sendiri, dan menjalankan Media Relations. Minimnya literasi digital konsumen pada usia lanjut di Rumah Sakit Umum Menteng Mitra Afia menjadi hambatan tersendiri bagi Rumah Sakit Umum Menteng Mitra Afia dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran digital. dengan adanya hambatan tersebut, Rumah Sakit Umum Menteng Mitra Afia juga menjalankan pemasaran secara langsung. ***** Menteng Mitra Afia General Hospital experienced a decrease in the number of patients during the COVID-19 period. Menteng Mitra Afia General Hospital needs to improve the quality of their services to increase the number of patients. This study aims to explain how marketing products and services uses digital marketing communication strategies as well as the obstacles experienced while implementing this strategy. The method used in this research is descriptive qualitative research method through observation, interviews and documentation. Data was obtained through in-depth interviews with the management of the Menteng Mitra Afia General Hospital. This research uses 3 theories, namely, marketing communication strategy, digital marketing and the AISAS model. The research results show that Menteng Mitra Afia General Hospital has prioritized Social Media Marketing as a digital marketing communication strategy. Instagram and Facebook are used as the main media in carrying out hospital promotion strategies. Apart from that, Menteng Mitra Afia General Hospital also carries out marketing through other media such as Instant Messenger which is used to carry out two-way communication with consumers, the hospital's own official website, and running Media Relations. The lack of digital literacy among elderly consumers at Menteng Mitra Afia General Hospital is an obstacle for Menteng Mitra Afia General Hospital in implementing digital marketing communication strategies. Due to these obstacles, Menteng Mitra Afia General Hospital also carries out direct marketing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1). Anggun Nadia Fatimah, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok Ilmu Sosial > Komunikasi Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital |
Depositing User: | Users 22558 not found. |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 04:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46613 |
Actions (login required)
View Item |