MANAJEMEN INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMP LABSCHOOL JAKARTA

AHMAD FARID, . (2024) MANAJEMEN INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMP LABSCHOOL JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia adalah negara multikultur yang ditandai dengan berbagai macam ras, suku, agama, budaya, dan bahasa yang berbeda-beda. Keberagaman tersebut menuntut semua elemen bangsa untuk menyatu menjadi satu kesatuan sebagai bangsa Indonesia sesuai dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Pendidikan merupakan salah satu elemen penting untuk menjaga dan melestarikan berbagai perbedaan yang ada. Sekolah adalah miniatur negara yang harus dikelola dengan prinsip kesetaraan, toleransi, gotong royong, demokrasi, persatuan, cinta tanah air, keadilan, kemanusiaan dan integritas yang tinggi sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Sekolah berperan sebagai sarana penguatan, peningkatan serta pengembangan karakter di tengah keragaman bangsa dalam menghadapi tantangan global. Oleh karena itu, manajemen internalisasi nilai pendidikan karakter berbasis multikultural di sekolah menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter berbasis multikultural dapat diinternalisasikan melalui manajemen sekolah yang efektif. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis aspek formulasi manajemen internalisasi nilai pendidikan karakter berbasis multikultural, implementasi nilai-nilai karakter, serta faktor pendukung dan penghambat di SMP Labschool Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus atau penelitian lapangan. Perolehan data dilakukan melalui studi dokumen resmi, wawancara, dan observasi langsung. Dalam konteks penelitian ini, analisis dan interpretasi data menggunakan teknik yang di gagas oleh Miles, Huberman dan Saldana yang bersifat “interaktif” dengan analisis data mencakup langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga verifikasi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan adanya upaya yang kuat dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter berbasis multikultural di lingkungan sekolah. Upaya ini dilakukan melalui pembudayaan nilai khas sekolah “active listening ten abschool character” serta visi, misi, motto, dan tujuan sekolah yang kemudian diintegrasikan ke dalam sistem kurikulum. Kurikulum ini menekankan toleransi, kesetaraan gender, menjaga persatuan bangsa, serta menerapkan pembelajaran yang holistik, terpadu, dan berpusat pada peserta didik yang berpedoman pada penguatan proyek profil pelajar Pancasila. Internalisasi nilai karakter berbasis multikultural pada siswa diintegrasikan ke dalam seluruh ranah kehidupan sekolah, baik intrakurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler. Dengan demikian, nilai-nilai yang berhasil diimplementasikan oleh siswa mencakup terciptanya pembelajaran yang nyaman dan kondusif, serta terwujudnya nilai-nilai karakter nasionalis, gotong royong, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Kata Kunci: Manajemen, Internalisasi Nilai, Pendidikan Karakter, Multikultural ***** Indonesia is a multicultural country characterized by various different races, ethnicities, religions, cultures and languages. This diversity requires all elements of the nation to unite into one unit to become the Indonesian nation in accordance with the motto "Bhinneka Tunggal Ika". Education is an important element to maintain and preserve existing differences. Schools are miniature countries that must be managed with the principles of equality, tolerance, mutual cooperation, democracy, unity, love of the country, justice, prosperity and high integrity in accordance with the values of the Indonesian nation. Schools act as a means of strengthening, improving and developing character in the nation in facing global challenges. Therefore, management of the internalization of multicultural- based character education values in schools is very important. This research aims to explore how multicultural-based character education values can be internalized through effective school management. Specifically, this research aims to examine and analyze management aspects of the internalization of multicultural-based character education values, implementation of character values, as well as supporting and inhibiting factors at Labschool Jakarta Middle School. This type of research is qualitative with a case study or field research approach. Data collection was carried out through study of official documents, interviews and direct observation. In the context of this research, data analysis and interpretation uses techniques initiated by Miles, Huberman and Saldana which are "interactive" with data analysis including the steps of data collection, data reduction, data presentation, to data verification and drawing conclusions. The results of this research as a whole show that there are strong efforts to internalize multicultural-based character values in the school environment. This effort is carried out through cultivating the school's distinctive values "active listening ten abschool character" as well as the school's vision, mission, motto and goals which are then integrated into the curriculum system. This curriculum emphasizes tolerance, gender equality, maintaining national unity, as well as implementing holistic, integrated and student-centered learning which is guided by strengthening the Pancasila student profile project. The internalization of multicultural-based character values in students is integrated into all domains of school life, both intracurricular, co-curricular and extracurricular. Thus, the values that are successfully implemented by students include the creation of comfortable and conducive learning, as well as the realization of the values of nationalist character, mutual cooperation, independence, democracy and responsibility. Keywords: Management, Internalization Value, Character Education, Multicultural

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Supadi, M. Pd; 2). Dr. Heru Santosa, M. Pd
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIP > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 22944 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2024 23:40
Last Modified: 28 Jul 2024 23:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46879

Actions (login required)

View Item View Item