Meirisa, . (2012) Pengaruh Metode Time Token Terhadap Kemampuan Berpidato Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
1.COVER.pdf Download (626kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN i,ii,iii,iv.pdf Download (89kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI & KATA PENGANTAR.pdf Download (209kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (138kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (289kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (454kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (769kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (115kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Time Token terhadap kemampuan berpidato siswa kelas X SMA Negeri 11 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Jakarta pada bulan Mei 2012. Metode penelitian ini menggunakan metode Randomized Pretest-Posttest Control Group Design, dengan jumlah sampel 60 orang siswa. Sampel penelitian dipilih secara acak, sehingga terambil kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.6 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan berpidato pada kelas eksperimen sebesar 71,6. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil kemampuan berpidato pada kelas kontrol, yaitu sebesar 59,23. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors) diperoleh Lhitung = 0,1220 pada kelas eksperimen dan Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 0,161. Berdasarkan hasil penghitungan Ltabel < Lhitung, 0,1220 < 0,161 maka data dinyatakan normal. Pada kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,105 dan Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 0,161. Melihat hasil penghitungan tersebut Ltabel < Lhitung , 0,105 < 0,161, maka data dinyatakan normal. Hasil uji homogenitas (uji bartlett) diperoleh X2 hitung sebesar 0,68 dan X2 tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 42,557. Hasil penghitungan menunjukan bahwa X2 hitung < X2 tabel, 0,68 < 42,557, maka data dinyatakan homogen. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh t hitung sebesar 2,18, sedangkan t tabel pada taraf signifiknasi α = 0,05 adalah 1,67. Berdasarkan hasil penghitungan tersebut, maka t hitung > t tabel, hal ini berarti H1 diterima dan H2 ditolak. Dengan demikian, penelitian ini menunjukan bahwa metode Time Token berpengaruh positif terhadap kemampuan berpidato siswa kelas X SMA Negeri 11 Jakarta. Melalui hasil penghitungan di atas, metode Time Token mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil kemampuan berpidato siswa kelas X SMA Negeri 11 Jakarta.Metode Time Token dapat memengaruhi kemampuan berpidato siswa eksperimen, dibandingkan dengan siswa kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dengan menggunakan metode Time Token. Oleh karena itu, metode Time Token dapat memberikan pengaruh positif dalam pembelajaran berpidato, dan metode Time Token pun dapat diimplikasikan pada pembelajaran lain seperti berdiskusi. Dengan menggunakan metode Time Token dapat membuat siswa lebih percaya diri, berani, dan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Guru dapat menggunakan metode Time Token sebagai salah satu metode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Kata kunci : Metode Time Token, Kemampuan Berpidato
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Dra. Fathiaty Murtadho., M.Pd. 2.) Asep Supriyana., S.S. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | putra putra putra |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 11:07 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 11:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/473 |
Actions (login required)
View Item |