ANJANI ALICIA AZCHA, . (2024) ANALISIS PERENCANAAN USAHA DAN PEMASARAN PRODUK POUND CAKE UBI CILEMBU (Ipomoea batatas L. (Lam)). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (831kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (130kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Melakukan suatu usaha pada bidang makanan perlu dilakukan perencanaan usaha atau business plan agar usaha yang dibuat lebih terarah dan mencapai target sesuai yang diharapkan. Fokus usaha pada penelitian ini adalah memproduksi pound cake ubi cilembu yang diberi topping coklat. Tujuan penelitian dari usaha ini adalah untuk menganalisis tentang perencanaan dan pemasaran pada produk pound cake ubi cilembu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai Juni 2024. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode survey deskriptif. Konsumen pada penelitian ini adalah para remaja dan orang dewasa yang telah membeli produk pound cake ubi cilembu. Harga jual pound cake ubi cilembu Rp 29.000 yang dihitung menggunakan metode konvensional dengan kenaikkan laba 50 %. Target penjualan produk ini adalah 40 box dengan omset Rp 1.160.000. Pemasaran dilakukan dengan 2 cara yaitu promosi langsung dan promosi tidak langsung. Promosi langsung dilakukan dengan cara dari mulut ke mulut dan menjual produk di bazar. Promosi tidak langsung dilakukan melalui media sosial, Instagram dan whatsapp. Penjualan produk dilakukan selama 1 (satu) bulan dan telah melampaui target yang ditentukan. Hasil penjualan yang diperoleh sebesar Rp 1.218.000. Ketercapaian omset adalah 110 %. Para konsumen menyukai pound cake ini karena teksturnya yang lembut, aroma butter yang kuat, dan rasa manisnya yang pas. Kata kunci: Perencanaan Usaha, Pemasaran, Pound Cake Ubi Cilembu ***** Carrying out a business in the food sector requires a business plan or business plan so that the business is more focused and achieves targets as expected. The business focus in this research is producing Cilembu sweet potato pound cake. topped with chocolate. The research objective of this business is to analyze the planning and marketing of Cilembu sweet potato pound cake products. This research was conducted from December to June 2024. The method used in this research was a descriptive survey method. Consumers in this study were teenagers and adults who had purchased Cilembu sweet potato pound cake products. The selling price of Cilembu sweet potato pound cake is IDR 29,000, calculated using the conventional method with a profit increase of 50%. The sales target for this product is 40 boxes with a turnover of IDR 1,160,000. Marketing is carried out in 2 ways, namely direct promotion and indirect promotion. Direct promotion is carried out by word of mouth and selling products at bazaars. Indirect promotion is carried out through social media, Instagram and WhatsApp. Product sales were carried out for 1 (one) month and have exceeded the specified target. The sales proceeds were IDR 1,218,000. Turnover achievement was 110%. Consumers like this pound cake because of its soft texture, strong butter aroma, and sweet taste. Keywords: Business Planning, Marketing, Cilembu Sweet Potato Pound Cake
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Guspri Devi Artanti, M.Si. |
Subjects: | Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Tata Rias > Tata Boga |
Divisions: | FT > D IV Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan |
Depositing User: | Users 23947 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 23:34 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 23:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47395 |
Actions (login required)
View Item |