PREFERENSI KONSUMEN MUDA DALAM MEMILIH PRODUK KOPI SEBAGAI GAYA HIDUP (STUDI KASUS: KONSUMEN MUDA STARBUCKS COFFEE GRAHA RAYA, BINTARO)

GABRIELLA HANINDA LISANDRA, . (2024) PREFERENSI KONSUMEN MUDA DALAM MEMILIH PRODUK KOPI SEBAGAI GAYA HIDUP (STUDI KASUS: KONSUMEN MUDA STARBUCKS COFFEE GRAHA RAYA, BINTARO). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai preferensi generasi muda dalam konsumsi kopi sebagai gaya hidup modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perilaku & faktor pengaruh konsumsi kopi sebagai gaya hidup. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumsi kopi generasi muda sebagai gaya hidup modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini didapatkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan rekaman suara. Penelitian ini dilakukan di Starbucks Coffee Graha Raya, Bintaro. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 sampai dengan bulan Januari 2024. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen Starbucks Coffee khususnya kalangan remaja, informan terdiri dari informan kunci yaitu 6 orang remaja yang berusia 19-22 tahun, informan pendukung yaitu 1 orang orang remaja Kopi Kenangan dan 2 orang barista Starbucks Coffee Graha Raya Bintaro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku konsumsi remaja di Starbucks Coffee Graha Raya Bintaro diantaranya adalah pembelian secara implusif, fear of missing out, dan perilaku pembelian kebiasaan yang dapat dilihat berdasarkan karakteristik perbandingan perilaku pembelian konsumen remaja. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal sehingga mendorong remaja melakukan perilaku konsumtif akibat mengkonsumsi produk untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup tanpa memikirkan manfaat atau nilai guna dari suatu produk yang di konsumsi. Selain itu preferensi konsumsi kopi juga menjadi gaya hidup di kalangan remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi gaya hidup modern dapat dilihat berdasarkan perspektif Jens Beckert yaitu kualitas material, imajinasi, dan inovasi pada produk kopi yang memunculkan ketidakpastian kalangan remaja dalam menghadapi masa depan yang tidak pasti sehingga memerlukan perbandingan kualitas produk dan nilai yang melekat di dalamnya. ***** This thesis discusses the preferences of the younger generation in consuming coffee as a modern lifestyle. This research aims to find out how the behavior & factors influence coffee consumption as a lifestyle. In addition, this research aims to analyze the coffee consumption preferences of the younger generation as a modern lifestyle. This research uses a qualitative approach with a case study method. This research was obtained through interviews, observation, documentation and sound recordings. This research was conducted at Starbucks Coffee Graha Raya, Bintaro. The research was conducted from August 2023 to January 2024. The subjects in this research were Starbucks Coffee consumers, especially teenagers, the informants consisted of key informants, namely 6 teenagers aged 19-22 years, supporting informants, namely 1 teenager Kopi Kenangan and 2 Starbucks Coffee Graha Raya Bintaro barista. The results of the study indicate that the forms of adolescent consumer behavior at Starbucks Coffee Graha Raya Bintaro include impulsive purchases, fear of missing out, and habitual purchasing behavior that can be seen based on the comparative characteristics of adolescent consumer purchasing behavior. This is also influenced by internal and external factors that encourage adolescents to engage in consumptive behavior due to consuming products to meet lifestyle needs without thinking about the benefits or utility of a product consumed. In addition, coffee consumption preferences are also a lifestyle among adolescents. The results of the study indicate that modern lifestyle preferences can be seen based on Jens Beckert perspective, namely material quality, imagination, and innovation in coffee products that raise uncertainty among adolescents in facing an uncertain future so that it requires a comparison of product quality and the values inherent in it

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marista Christina Shally Kabelen. S. Fil, M. Hum ; 2). Dr. Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 24560 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:53
Last Modified: 05 Aug 2024 00:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48243

Actions (login required)

View Item View Item