PENGGUNAAN INSTAGERAM SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI DIRI REMAJA (Studi Deskripstif Terhadap Kelas X SMA Negeri 59 Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019)

RINI PUTRI SINAMBELA, . (2020) PENGGUNAAN INSTAGERAM SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI DIRI REMAJA (Studi Deskripstif Terhadap Kelas X SMA Negeri 59 Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER-NIM.pdf

Download (196kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[img] Text
03.Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (529kB)
[img] Text
04. Lembar Orisinilitas.pdf

Download (481kB)
[img] Text
05. Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (542kB)
[img] Text
06.KATA PENGANTAR DAN MOTTO.pdf

Download (501kB)
[img] Text
07.DAFTAR IS1.pdf

Download (450kB)
[img] Text
08.BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
09.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
10.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
12.BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa remaja suka menggunakan instagram dan bagaimana instagram dapat menjadi media aktualisasi diri remaja. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Juni 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 65 siswa di kelas X. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa statistik deskriptif yaitu jawaban dari responden atau data yang disajikan dalam bentuk tabel presentase. Dengan pendekatan kategorisasi untuk mengetahui tingkat aktualisasi diri dalam penggunaan instagram. Saat ini instagram menjadi salah satu media sosial paling diminati oleh siswa, apalagi fitur yang ditawarkan semakin berkembang setiap waktu, membuat siswa ingin selalu mengakses instagram setiap ada kesempatan. Penggunaan instagram sebagai media aktualisasi diri remaja masih berada dikategori sedang. Remaja menyukai instagram karena lebih menarik dari aplikasi lain dan juga merupakan sumber informasi terkini. Instagram sebagai media aktualisasi diri dapat dilihat melalui optimalisasi kemampuannya melalui postingan-postingannya di instagram, dan juga terjalinnya kedekatan antar individu.   This research aims to know why teenager like to use instagram and how instagram can be a media of teenagers’ self-actualization. This research was conducted on April-June 2019. The method being used is descriptive. The sampling technique is purposive sampling technique. With 65 students of tenth grader as the samples. The data analysis technique is descriptive that the answers of respondents or the displayed datas are in percentage table. With categorized approach to know the level of self-actualization on instagram using. Nowadays, isntagram has become one of the most students’ favourable social media, moreover the offered features are growing by times, which make the students always want to access instagram every time there is a chance. Instagram using as teenagers’ self-actualization media is still on medium level. Teenagers like instagram because instagram is more attractive than other application and also give the latest informations. Instagram as self-actualization media also can be seen on the the optimization of their abilities through their posts on Instagram, and also the establishment of closeness between individuals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Desy Safitri, M.Si; 2). Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 1397 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2020 15:33
Last Modified: 04 Mar 2020 15:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4873

Actions (login required)

View Item View Item