PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 44 JAKARTA

DIAN RAHAYU, . (2024) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 44 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARA.

[img] Text
Cover (2).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa program keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) di SMK Negeri 44 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa program keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 5 kelas dengan total 174 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 121 siswa yang dipilih menggunakan teknik Propotional Random Sampling. Teknik analisis dalam penelitian menggunakan Asumsi Klasik, Koefisien Regresi Berganda, dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar (p = 0,036; t = 2,126), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan teman sebaya dengan motivasi belajar (p = 0,001; t = 5,986), serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya dengan motivasi belajar secara bersama-sama atau simultan (p = 0,001; F = 36,347). Demikian lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya dapat mempengaruhi motivasi belajar sebesar 38% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti sebesar 62%. ***** This study aims to determine the effect of family environment and peer environment on student learning motivation in the Online Business and Marketing (BDP) expertise program at SMK Negeri 44 Jakarta. This research method uses descriptive research with a quantitative approach. The population used is all students of the Online Business and Marketing (BDP) expertise program in the 2023/2024 school year consisting of 5 classes with a total of 174 students. The research sample consisted of 121 students selected using the Propotional Random Sampling technique. The analysis technique in the study used Classical Assumptions, Multiple Regression Coefficients, and the Coefficient of Determination. The results showed that there was a positive and significant influence between the family environment and learning motivation (p = 0.036; t = 2.126), there was a positive and significant influence between the peer environment and learning motivation (p = 0.001; t = 5.986), and there was a positive and significant influence between the family environment and the peer environment with learning motivation together or simultaneously (p = 0.001; F = 36.347).Thus, the family environment and peer environment can affect learning motivation by 38% and the rest is influenced by other factors not examined by 62%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd, M.M. ; 2). Nadya Fadillah Fidyaallah, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Dian Rahayu .
Date Deposited: 11 Aug 2024 23:40
Last Modified: 11 Aug 2024 23:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49576

Actions (login required)

View Item View Item