DISTA AMALIA, . (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN GENERASI MUDA PADA APLIKASI MAXIM DI JAKARTA DENGAN PENDEKATAN EUCS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan pengguna dapat berdampak pada penggunaan kembali dan membuat pengguna menjadi loyal. Jika pengguna merasa tidak puas maka akan berpotensi membuat pengguna beralih ke kompetitor lain karena pengalaman buruk yang mereka rasakan. Hal ini dapat berdampak pada keberlangsungan perusahaan di masa depan, khususnya pada perusahaan transportasi online Maxim. Oleh karenanya, penting bagi perusahaan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna agar dapat melakukan perbaikan pada aspek-aspek tertentu, serta dapat mencapai kepuasan pengguna yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna generasi muda pada aplikasi Maxim di Jakarta menggunakan pendekatan End User Computing Satisfaction (EUCS). Pendekatan EUCS digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna akhir dari sistem informasi aplikasi Maxim. Kuesioner online disebar melalui Google Form, dengan memperoleh data sebanyak 100 dari responden yang pernah menggunakan aplikasi Maxim di Jakarta. Data dianalisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Dari perhitungan CSI, didapati tingkat kepuasan pengguna generasi muda pada aplikasi Maxim di Jakarta memperoleh kriteria “Puas”. Selain itu, hasil dari IPA didapati bahwa aspek tampilan layar efektif saat digunakan dan mendapat pengemudi dengan cepat di aplikasi menjadi prioritas perbaikan Maxim. Menu aplikasi mudah dipahami, desain tampilan memudahkan pengguna, fitur aplikasi mudah digunakan dan menampilkan informasi terbaru di aplikasi, menjadi aspek yang harus dipertahankan karena pengguna menilai aspek tersebut penting dan memuaskan. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna dengan mengidentifikasi bagian-bagian yang perlu diperbaiki agar dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas pengalaman yang dirasakan pengguna saat menggunakan aplikasi Maxim. ***** User satisfaction can impact reuse and foster user loyalty. If users feel dissatisfied, they may potentially switch to other competitors due to the bad experiences. This can impact the sustainability of the company in the future, particularly for Maxim, an online transportation company. Therefore, it is crucial for the company to understand user satisfaction levels to improve specific aspects and achieve desired user satisfaction. This research aims to determine the satisfaction levels of young generation with the Maxim app in Jakarta using the End User Computing Satisfaction (EUCS) approach. EUCS is used to measure the satisfaction of end users with the Maxim application system. An online questionnaire was distributed through Google Form, gathering data from 100 respondents who have used the Maxim app in Jakarta. The data was analyzed using the Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA). From the CSI calculation, it was found that the level of satisfaction of young generation users on the Maxim application in Jakarta obtained the “Satisfied” criteria. Furthermore, IPA results indicated that improving the effectiveness of the screen display and ensuring prompt driver allocation in the app were prioritized for Maxim. Easy menu navigation, user-friendly interface design, easy-to-use features, and displaying real-time information in the app were identified as aspects to maintain, as users rated these aspects as important and satisfied. Thus, this research is expected to assist the company in improving user satisfaction by identifying areas for improvement to increase the effectiveness and quality of user experience when using the Maxim app.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ika Febrilia, S.E., M.M. ; 2). Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FE > D IV Pemasaran Digital |
Depositing User: | Users 25283 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 23:22 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 23:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49805 |
Actions (login required)
View Item |