DEWI SAFITRI, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA : PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMK GARUDA JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan monopoli terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di SMK Garuda Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Quasi Experimental design berbentuk pre-test and post-test with non-equivalent control-group. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kelas eksperimen yaitu kelas XII-BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran) sebanyak 26 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas XII-AKL (Akuntansi Keuangan Lembaga) sebanyak 18 siswa. Terdapat tiga tahapan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, pre-test yang dilakukan pada awal pertemuan menggunakan instrument tes berjumlah 20 soal. Kedua, treatment dilakukan dengan penggunaan media permainan monopoli dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas eksperimen. Ketiga, post-test yang dilakukan setelah treatment pada kelas eksperimen, menggunakan instrument tes berjumlah 20 soal. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media permainan monopoli terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa SMK Garuda Jakarta tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian menggunakan uji-t yaitu t_hitung> t_tabel yaitu 2,400 > 2,018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Selain itu, dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test dengan menggunakan media permainan monopoli sebesar 83,08 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65. Sedangkan tanpa menggunakan media permainan monopoli nilai rata-rata hasil post-test adalah 74,17 dengan nilai terbesar 100 dan nilai terendah 55. Oleh karena itu terdapat peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada penggunaan media permainan monopoli. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Hasil Belajar *****ABSTRACT***** This study aims to examine the effect of using monopoly game media on students Ararbic language learning outcomes at the Garuda Vocational High School. The research used an experimental method with a Quasi-Experimental design in the form of a pre-test and post-test with a non-equivalent control group. The research was conducted using an experimental class, namely class XII-BDP with 26 students and a control class, namely class XII-AKL with 18 students. There are three stages in this study, namely: First, the pre-test is carried out at the beginning of the meeting using a test instrument totalling 20 questions. Second, the treatment was carried out by using Monopoly game media in learning Arabic in the experimental class. Third, the post-test was carried out after treatment in the experimental class, using a test instrument totalling 20 questions. Based on the results of the research, it can be concluded that the use of Monopoly game media influences the Arabic learning outcomes of students of SMK Garuda Jakarta for the 2023/2024 school year. This is evidenced by the results of testing using the t-test, namely t_hitung> t_tabel, which is 2,400 > 2,018. The study results showed that H₀ was rejected and Hₐ was accepted. Apart from that, it can be seen from the average post-test result using the monopoly game media that it is 83.08 with the highest score being 100 and the lowest score being 65. Meanwhile, without using the monopoly game media the average value of the post-test result is 74.17 with The highest value is 100 and the lowest value is 55. Therefore, there is an increase in Arabic learning outcomes in the use of Monopoly game media. Keywords: Learning Media, Arabic Language Learning Outcomes, Monopoly
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. 2) Dr. Chakam Failasuf, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 25354 not found. |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 00:56 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 00:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49846 |
Actions (login required)
View Item |