ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PLN MOBILE DI JABODETABEK

TYA NUR AINI, . (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PLN MOBILE DI JABODETABEK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemudahan penggunaan dan kegunaan dalam suatu aplikasi merupakan hal yang penting untuk memperoleh tingkat kepuasan pengguna aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi PLN Mobile. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner secara online yang dibagikan melalui berbagai platform seperti WhatsApp, Instagram dan Facebook. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna yang pernah menggunakan setidaknya tiga bulan aplikasi PLN Mobile yang berusia minimal 17 Tahun sehingga diperoleh sampel 116 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Data yang diolah penelitian ini menggunakan softwere SPSS versi 27 dengan teknik analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji mean, uji standar deviasi dan uji T. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan uji mean bahwa ketiga dimensi menunjukkan pengguna merasa puas dengan aplikasi PLN Mobile baik dalam kemudahan penggunaan dan kepuasan, sistem pengaturan informasi dan kegunaan yang secara signifikan memberikan kontribui terhadap tingkat kepuasan pengguna. Berdasarkan temuan ini, implikasi pemasaran dalam penelitian ini memberikan bagi penngembang aplikasi untuk meningkatkan kepuasan pengguna dengan meningkatkan fitur keandalan hingga pelayanan kepada pelanggan guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna. Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Aplikasi PLN Mobile, PT PLN (Persero), Jabodetabek, Kemudahan Pengguna, Kualitas Layanan, Tingkat Kepuasan Pengguna ****** Ease of use and usefulness are crucial factors in determining user satisfaction with an application. This study aims to analyze the level of user satisfaction with the PLN Mobile application in the Jabodetabek area. Data collection was conducted using an online questionnaire distributed through various platforms, including WhatsApp, Instagram, and Facebook. The population of this study comprised users who had used the PLN Mobile application for at least three months and were at least 17 years old. A sample of 116 respondents was obtained using Slovin's formula. Data analysis was performed using SPSS software version 27 with descriptive analysis, validity tests, reliability tests, mean tests, standard deviation tests, and T-tests. The results of the study, based on the mean tests, indicated that users were satisfied with the PLN Mobile application in terms of ease of use and satisfaction, information management system, and usefulness, all of which significantly contributed to overall user satisfaction. Based on these findings, the marketing implications of this study suggest that application developers should enhance user satisfaction by improving reliability features and customer service to provide better user experiences. Keywords: PLN Mobile, User Satisfaction, Ease of Use, Information Management System, Usefulness, Descriptive Analysis, Validity Tests, Reliability Tests, Mean Tests, Standard Deviation Tests, T-Tests.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ika Febrilia, SE., M.M. ; 2). Nofriska Krissanya, S.E., M.B.A
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > D IV Pemasaran Digital
Depositing User: Users 25129 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:06
Last Modified: 13 Aug 2024 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49896

Actions (login required)

View Item View Item