PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PADA APLIKASI MOBILE BANKING

TAUFIQ RAHMADGHANI, . (2024) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PADA APLIKASI MOBILE BANKING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (706kB)

Abstract

Mobile banking adalah suatu layanan informasi perbankan yang ditawarkan oleh bank dengan menggunakan teknologi mobile phone untuk mendukung kelancaran aktivitas dan kemudahan kegiatan perbankan. Mobile banking memberikan kemudahan bagi para nasabah karena dapat memberikan kemudahan dan kecepatan, transakasi dimana saja dan kapan saja seperti cek saldo, transfer, pembayaran, dan pembelian tanpa pergi keluar rumah ataupun datang ke bank. Namun dilain sisi, mobile banking juga masih banyak memunculkan masalah yang membuat beberapa nasabah memikirkan kembali apakah mobile banking akan bermanfaat dan memudahkan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis adanya pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan fitur layanan terhadap minat penggunaan pada aplikasi mobile banking. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui teknik survey atau kuesioner yang dibagikan melalui google form. Objek pada penelitian ini adalah Mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Adapun penelitian ini menemukan bahwa persepsi kemudahan pengguna berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking, persepsi manfaat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking, fitur layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking, serta persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan fitur layanan berpengaruh secara positif dan signifikan secara simultan atau bersama-sama terhadap minat menggunakan mobile banking. ***** Mobile banking is a banking information service offered by banks using mobile phone technology to support smooth and easy banking activities. Mobile banking makes it easy for customers because it can provide convenience and speed, transactions anywhere and anytime such as checking balances, transfers, payments and purchases without leaving the house or coming to the bank. However, on the other hand, mobile banking still raises many problems which make some customers reconsider whether mobile banking will be useful and make everyday life easier. Based on this, this research aims to test and analyze the influence of perceived convenience, perceived benefits and service features on interest in using the mobile banking application. This research uses quantitative research methods by collecting data through survey techniques or questionnaires distributed via Google Form. The objects of this research are students at Jakarta State University. The analysis technique used is multiple regression analysis. This research found that perceived ease of use has a positive and significant influence on interest in using mobile banking, perceived usefulness has a positive and significant influence on interest in using mobile banking, service features have a positive and significant influence on interest in using mobile banking, as well as perceived ease of use. Benefits and service features have a positive and significant effect simultaneously or together on interest in using mobile banking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Osly Usman, M.Bus. ; 2). Shandy Aditya, BIB, MPBS
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 25031 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:41
Last Modified: 09 Sep 2024 00:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50144

Actions (login required)

View Item View Item