SIKAP SISWA WNI JAKARTA TAIPEI SCHOOL (JTS) TERHADAP BAHASA INDONESIA : KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

RIZKI PUTRI MAISANI, . (2018) SIKAP SISWA WNI JAKARTA TAIPEI SCHOOL (JTS) TERHADAP BAHASA INDONESIA : KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (139kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (374kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (740kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap siswa WNI Jakarta Taipei School (JTS) terhadap bahasa Indonesia yang difokuskan pada tiga komponen pembentukan sikap (komponen kognitif, komponen afektif, dan komponen konatif). Sub fokus penelitian ini dikaitkan dengan tiga ranah (keluarga, sosial budaya, dan pendidikan). Penelitian dilakukan di Jakarta Taipei School (JTS) Kelapa Gading, Jakarta Utara. Waktu penelitian berlangsung sejak Oktober 2017 hingga Mei 2018. Objek penelitian ini adalah siswa WNI Jakarta Taipei School (JTS) berjumlah 85 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni deskriptif kualitatif dengan teknik konten analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Perolehan skor rerata penelitian pada tiga komponen pembentukan sikap, yakni komponen kognitif sebesar 2,96, komponen afektif sebesar 2,86, dan komponen konatif sebesar 2,87. Berdasarkan hasil analisis data, perolehan skor rerata ranah keluarga tertinggi terdapat pada komponen kognitif dengan skor rerata sebesar 2,97. Selanjutnya, perolehan skor rerata ranah sosial budaya tertinggi terdapat pada komponen kognitif, yakni sebesar 2,04. Kemudian, perolehan skor rerata ranah pendidikan tertinggi terdapat pada komponen konatif sebesar 2,92. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa Jakarta Taipei School (JTS) memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Penelitian ini dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah, serta terhadap upaya pengembangan, pelindungan, dan pembinaan bahasa Indonesia. ***************** This research aims to describe Indonesia student’s attiude in Jakarta Taipei School (JTS) Towards Bahasa Indonesia by focusing on three components of attitude formation (cognitive component, affective component, conative component). Sub focus of this research is related on three fields which are family, sosio culture, and education. This research is conducted in Jakarta Taipei School (JTS) Kelapa Gading, North Jakarta. The research is conducted since October 2017 until Mei 2018. Objects of the research are 85 Indonesia student’s in JTS. This research applies descriptive qualitative method with content analysis technique. Data collection procedures are quisioner, interviews, and observation. The results of the components shows that 2,96 for cognitive components, 2,86 for affective components, and 2,87 for conative components. According the highest average score in family are 2,97 on cognitive components. Next, high average scores in sosio culture are2,04 for cognitive components. Then, the highest average scores in education are 2,92 for conative components.in conclusion, Indonesia students in JTS have positive attitude towards Bahasa Indonesia. This research could be implicated to Bahasa Indonesia learning in school, development protection, and reserving Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. ; 2). Edi Puryanto, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Sep 2024 23:12
Last Modified: 11 Sep 2024 23:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50910

Actions (login required)

View Item View Item