ANALISIS KEBUTUHAN DALAM "MANAJEMEN PELATIHAN" BERBASIS E-LEARNING DI PALANG MERAH INDONESIA (PMI)

YOGA ALDEN REZALDI, . (2020) ANALISIS KEBUTUHAN DALAM "MANAJEMEN PELATIHAN" BERBASIS E-LEARNING DI PALANG MERAH INDONESIA (PMI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (943kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pelatihan “Manajemen Pelatihan” berbasis e-learning. Penelitian ini menggunakan model analisis dari Witkins dan Altschuld yang didalamnya terdapat tiga fase analisis kebutuhan. Ketiga fase tersebut yaitu Preassessment, Assessment, dan Postassessment. Narasumber pada penelitian adalah 1 kepala Pusdiklat PMI, 3 Kepala bidang di Pusdiklat PMI, 34 staf Diklat PMI, 1 validator, 1 ahli materi, dan 1 ahli teknologi kinerja. Hasil dari penelitian ini yaitu masih terdapat tiga kompetensi dari sembilan kompetensi pelatihan “Manajemen Pelatihan” yang mengalami kesenjangan. Disisi lain PMI masih membutuhkan banyak perubahan untuk dapat menyelenggarakan pelatihan berbasis e-learning. Sehingga memunculkan berbagai kebutuhan yang membutuhkan upaya tindak lanjut agar dapat membantu peningkatan kompetensi dari staf Diklat PMI. Rekomendasi solusi yang diberikan dengan intervensi instruksional dan non-instruksional. Prioritas kesenjangan yang perlu diperbaiki pada kompetensi pelatihan “Manajemen Pelatihan” yaitu kompetensi mampu merencanakan serta melaksanakan pelatihan dengan rekomendasi solusi pelatihan konsep kurikulum dengan bantuan media elektronik. Sedangkan untuk pelatihan berbasis e-learning di PMI, prioritas yang perlu diutamakan adalah pengadaan komponen pelatihan e-learning. This research aims to analyze the needs of what needed from “Training Management” program based e-learning. This study used analysis model of three phase needs assessment by Witkins and Altschuld. The three phases are Pre-assessment, Assessment, and Post-assessment. Informants in the study were 1 training director, 3 training department head, 34 training department staff, 1 validator, 1 material expert, and 1 performance technology expert. The results of this study are still three competencies out of nine "Management Training" competencies had some gaps. On the other hand PMI still needs a lot of changes to be able to organize training based e-learning. So that raises various needs that require follow-up efforts in order to help improve the competence of PMI training department staff. Recommendation solutions are given with instructional and non-instructional interventions. The priority from “Training Management” competencies are able to create training plan and implementation training program for the recommendation solution is curriculum concept training using electronic media. Then for the training based e-learning at PMI, the priority is the procurement of e-learning components.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Diana Ariani,M.Pd. ; 2). Cecep Kustandi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 1525 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2020 15:59
Last Modified: 12 Mar 2020 15:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5175

Actions (login required)

View Item View Item