FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA MAGANG "MAGANG DAN STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT (MSIB)" DENGAN MENTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MARSELLA DWIYANTI, . (2025) FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA MAGANG "MAGANG DAN STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT (MSIB)" DENGAN MENTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mentor memiliki peran penting sebagai pembimbing mahasiswa pada program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Namun, interaksi mahasiswa dengan mentor terkendala oleh tekanan beban ganda yang mengganggu komunikasi interpersonal. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor komunikasi interpersonal antara mahasiswa dengan mentor dalam program magang MSIB yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan teori adaptasi yang menekankan penyesuaian diri mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang mengikuti program magang MSIB dalam berkomunikasi dengan mentor. Variabel X adalah komunikasi interpersonal yang dianalisis berdasarkan lima elemen, yaitu sumber-penerima, pesan, saluran, gangguan, konteks, dan etika. Sedangkan variabel Y yakni prestasi belajar mencakup domain kognitif, domain afektif, dan domain psikomotorik. Metode penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif eksplanatif. Penelitian ini dilakukan secara daring dengan metode survei melalui kuesioner Google Form pada 91 responden dari populasi 1008 mahasiswa magang MSIB antara Batch I (2021) hingga Batch VI (2024) di Universitas Negeri Jakarta berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dengan mentor yang mengikuti program magang MSIB cenderung mengutamakan etika. Komunikasi yang menjaga etika menciptakan interaksi yang saling mendukung, serta memastikan bahwa pesan dapat diterima tanpa gangguan. Pada aspek prestasi belajar, ditemukan bahwa sikap dan perhatian dari mahasiswa memiliki pengaruh yang signifikan. Berdasarkan temuan tersebut, dapat dinyatakan bahwa komunikasi interpersonal antara mahasiswa dan mentor mampu memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa, terutama pada domain afektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor konteks (context) menjadi faktor komunikasi interpersonal yang paling mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang mengikuti program magang MSIB, namun masih terdapat faktor lain yang belum sepenuhnya terungkap dalam penelitian ini. Oleh sebab itu, diharapkan menjadi landasan untuk penelitian selanjutnya yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor komunikasi interpersonal individu lain yang mempengaruhi prestasi belajar. ***** Mentors have an important role as student mentors in the Certified Internship and Independent Study (MSIB) program. However, student interaction with mentors is constrained by the double burden pressure that disrupts interpersonal communication. Based on these problems, this study aims to find out the factors of interpersonal communication between students and mentors in the MSIB internship program that affect the learning achievement of students at the Universitas Negeri Jakarta. This study uses an adaptation theory that emphasizes the self-adjustment of students at the Universitas Negeri Jakarta who participate in the MSIB internship program in communicating with mentors. Variable X is interpersonal communication, which is analyzed based on five elements, namely source-receiver, message, channel, noise, context, and ethics. Meanwhile, the Y variable, namely learning achievement, includes the cognitive domain, affective domain, and psychomotor domain. This research method uses a positivism paradigm with an explanatory quantitative approach. This research was conducted online using a survey method through a Google Form questionnaire on 91 respondents from a population of 1008 MSIB interns between Batch I (2021) and Batch VI (2024) at the Universitas Negeri Jakarta based on purposive sampling techniques. The results of the study show that interpersonal communication between Universitas Negeri Jakarta students and mentors who participate in the MSIB internship program tends to prioritize ethics. Ethical communication creates supportive interactions, as well as ensuring that messages can be received without interruption. In terms of learning achievement, it was found that the attitude and attention of students had a significant influence. Based on these findings, it can be stated that interpersonal communication between students and mentors can have a significant impact on improving student learning achievement, especially in the affective domain. The conclusion of this study is that the context is the factor of interpersonal communication that most affects the learning achievement of students at the Universitas Negeri Jakarta who participate in the MSIB internship program, but there are still other factors that have not been fully revealed in this study. Therefore, it is hoped that it will be the basis for further in-depth research on other individual interpersonal communication factors that affect learning achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 26872 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:41
Last Modified: 26 Feb 2025 03:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53577

Actions (login required)

View Item View Item