MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW

ISMI MARLINA PUTRI, . (2020) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - 1815152898.pdf

Download (127kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (205kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (206kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kecerdasan interpersonal dalam muatan pembelajaran IPS melalui model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada peserta didik kelas 5 SDN Kebon Baru 07 Tebet Jakarta Selatan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Kebon Baru 07 Tebet Jakarta Selatan pada semester 1 tahun pelajaran 2019-2020 jenis metodologi penelitian ini adalah model siklus Kemmis dan Mc. Taggart dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah tercapainya target yang telah ditetapkan oleh peneliti dan kolaborator Pada siklus 1, kecerdasan interpersonal peserta didik menunjukkan persentase sebesar 72% sehingga dinyatakan belum tuntas karena belum mencapai target penelitian yakni 95%. Pada siklus 2, persentase kecerdasan interpersonal yang diperoleh adalah 96% dengan kata lain 28 dari 29 peserta didik kelas 5B SDN Kebon Baru 07 Tebet Jakarta Selatan memperoleh poin kecerdasan interpersonal tinggi dan sangat tinggi (rentang 71-100). Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus 1 sebesar 73% mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 93,75%. Instrumen pemantauan tindakan peserta didik pada siklus 1 sebesar 75% meningkat pada siklus 2 menjadi 93,75% dengan demikian, tercapailah sudah target penelitian yang ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal dalam muatan pembelajaran IPS pada peserta didik kelas 5B SDN Kebon Baru 07 Jakarta Selatan. Oleh karena itu guru perlu merancang pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw supaya kecerdasan interpersonal peserta didik dapat berkembang secara optimal. The purpose of this classroom action research is to improve interpersonal intelligence in social science through the cooperative learning model type jigsaw in class 5B students of SDN Kebon Baru 07 Tebet, South Jakarta. This classroom action research was conducted at SDN Kebon Baru 07 Tebet, South Jakarta in 1st semester of the 2019/2020 academic year. The methodology that is used in this reaserch was the Kemmis and Mc. Taggart cycle models, and each cycle consists of four stages, planning, action, observation and reflection. The results of this study are the achievement of targets set by researchers and collaborators. In cycle 1, students interpersonal intelligence showed a percentage of 72% so that it was declared incomplete because it had not yet reached the research target of 95%. In cycle 2, the percentage of interpersonal intelligence obtained was 96% in other words 28 out of 29 students of class 5B at SDN Kebon Baru 07 Tebet South Jakarta obtained high and very high interpersonal intelligence points (range 71-100). The result of teacher observation instrument in cycle 1 gained 73% increased in cycle 2 to 93.75%.it had reached the target of 90%. The result of student observation instrument in cycle 1 gained 75% increased in cycle 2 to 93.75%. It had reached thr target of 90%. So ,expected targets were achieved. The conclusion of this reasearch is the application of the cooperative learning model type jigsaw can improve interpersonal intelligence in social studies for students of class 5B SDN Kebon Baru 07 South Jakarta. Therefore, teachers need to design learning using cooperative learning models type jigsaw so that students interpersonal intelligence can develop optimally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) DR. Arifin Maksum, M.Pd. 2.) DRS. Julis Sagita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1685 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 14:51
Last Modified: 11 Mar 2020 14:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5508

Actions (login required)

View Item View Item