PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWER POINT PADA FILM AL-MANAHIL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN 20 JAKARTA

PAUJIAH PUJI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWER POINT PADA FILM AL-MANAHIL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN 20 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (456kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (760kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (473kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (228kB)
[img] Text
SURAT PERYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 (1).pdf

Download (713kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang kebutuhan siswa pada media pembelajaran menggunakan program Power Point pada film al-manahil untuk pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 20 Jakarta ; mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media; dan mengetahui penilaian siswa di Bahasa Arab MTsN 20 Jakarta terhadap media pembelajaran Power Point Interktif. Hasil penelitian melalui lima tahap dalam pengembangan media pembelajaran menggunakan Power Point : 1) Analisis (Analysis), Analisis kebutuhan terhadap mahasiswa dalam belajar. Jadi analisis ini sangat penting terhadap produk yang akan dikembangkan, 2) Desain (Design), membuat desain dari produk yang akan dikembangkan. 3) Pengembangan (Development), Proses penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Dra. Afiati) dan ahli media (Ustadz Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd), 4) Implementasi (Implementation), Pengujian kelayakan media pembelajaran power point interktif di Bahasa Arab MTsN 20 Jakarta dengan 15 siswa uji coba lapangan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dikembangkan, 5) Evaluasi (Evaluate), Mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada ahli materi diperoleh rerata skor 4,5 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, dan ahli media diperoleh rerata skor 4,6 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan penilaian kelayakan media oleh mahasiswa uji coba lapangan diperoleh rerata 4,2 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka Power Point layak digunakan sebagai media pembelajaran. This study aimed to obtain knowledge about the needs of students in learning media using the power point from al-manahil films in the islamic junior high state school 20 jakarta ; knowing the feasibility of power point interactive evaluation tools based on the assessment of material experts and media experts; and find out the assessment of students in Islamic Junior High State school 20 Jakarta on power point interactive evaluation tools. The results of the study went through five steps in in the development of learning media using the power point : 1) Needs analysis of students in learning. So this analysis is very important for the product to be developed, 2) Design, make the design of the product to be developed. 3) Development, The process of evaluating product design is done by giving an assessment. Product assessment was carried out by material experts (Dra. Afiati) and media experts (Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd), 4) Implementation, Testing the feasibility of learning media power point interactive in the Islamic Junior High State school 20 Jakarta with 15 field trial students.. The trial was conducted to determine the effectiveness of the product being developed, 5) Evaluate, the product based on the results of the questionnaire given to material experts shows the average of score 4,5 (Very decent), and media expert shows the average of score 4,6 (Very decent) and the scoring of the students in the experiment show that the average of score 4,2 (Very decent). therefore, the power point is suitable to be used as a learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Syamsi Setiadi, M. Pd. ; 2). R. Ahmad Barnabas, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1714 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 12:21
Last Modified: 11 Mar 2020 12:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5541

Actions (login required)

View Item View Item