MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAKNA KATA MENGGUNAKAN MEDIA KAMUS DINDING PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS IV (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SLB NEGERI 4 JAKARTA)

RIFKY SYARIFUDIN, . (2020) MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAKNA KATA MENGGUNAKAN MEDIA KAMUS DINDING PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS IV (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SLB NEGERI 4 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05. PERSETJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (475kB)
[img] Text
05.. LEMBAR MOTTO.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. DAFTAR TABEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11c4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11e. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman makna kata kerja di SLB Negeri 4 Jakarta. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 4 SLB Negeri 4 Jakarta yang berjumlah 7 peserta didik. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dan Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif yakni dengan membandingkan hasil antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kamus dinding dapat meningkatkan pemahaman makna kata pada peserta didik tunarungu. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman makna kata pada tes kemampuan awal tercatat sebesar 35. Pada akhir siklus I, setelah diberikan tindakan menggunakan media kamus dinding kemampuan pemahaman makna kata peserta didik meningkat menjadi 60. Kemampuan pemahaman makna kata selanjutnya meningkat lagi menjadi 75 pada akhir siklus II. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa menggunakan media kamus dinding dapat meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif, menyenangkan, menumbuhkan antusiasme dan percaya diri pada peserta didik tunarungu. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa guru dapat menggunakan media kamus dinding sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman makna kata pada peserta didik tunarungu kelas 4 di SLB Negeri 4 Jakarta Kata kunci : kamus dinding, pemahaman makna kata, peserta didik tunarungu. This research aims to improve word meaning comprehension in SLB Negeri 4 Jakarta. The research subjects were grade 4 students of SLB Negeri 4 Jakarta, total 7 students. The method used is Classroom Action Research using the Kemmis and Mc Taggart models and The data analysis used in this research is comparative descriptive by comparing the results between cycles. The results showed that using wall dictionary media can improve word meaning comprehension for deaf students. The average score of students on the initial ability test was recorded at 35. At the end of the first cycle, after using wall dictionary media, students' word meaning comprehension abilities increased to 60. The score then increased again to 75 at the end of cycle II. The observations show that using wall dictionary media can improve learning process became more effective, fun, improving enthusiasm and foster confidence for deaf students. The result of this research imply that teacher can use wall dictionary media as an alternative in learning to improve the ability of word meaning comprehension for deaf students in grade 4 at SLBN 4 Jakarta. Keywords: wall dictionary, understanding the meaning of words, deaf students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Leliana Lianty, M.Pd. 2) Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 487 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2020 10:46
Last Modified: 10 Mar 2020 10:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5548

Actions (login required)

View Item View Item