MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN KEBON MANGGIS 01 PAGI JAKARTA TIMUR

IRMA DWI INDRAYANI, . (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN KEBON MANGGIS 01 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER - 1815152294.pdf

Download (189kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (422kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (121kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (338kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (407kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (259kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (327kB)

Abstract

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN KEBON MANGGIS 01 PAGI JAKARTA TIMUR (2020) Irma Dwi Indrayani ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran pada peserta didik kelas IV SDN Kebon Manggis 01 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-Desember 2019 semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan mode Kemmis dan Mc. Taggart. Analisis data diakukan dengan merefleksi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai ≥75 mencapai 65%, sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SDN Kebon Manggis 01 Pagi Jakarta Timur. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran dengan menerapkan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa Indonesia memperoleh presentase hasil pengamatan tindakan aktivitas guru pada siklus I pertemuan ke-2 sebesar 77,5%. Untuk pemantauan tindakan aktivitas peserta didik pada pertemuan ke-2 sebesar 78,75%. Pada siklus II pemantauan tindakan aktivitas guru mendapatkan hasil presentase pertemuan ke-2 sebesar 90% dan untuk tindakan aktivitas peserta didik pada pertemuan ke-2 sebesar 91,25%. Implikasi dari penelitian tindakan kelas ini adalah keterampilan berbicara peserta didik eklas IV SDN Kebon Manggis 01 Pagi Jakarta Timur dapat meningkat dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode bermain peran. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Metode Bermain Peran. IMPROVING SPEAKING SKILLS WITH ROLE PLAYING METHOD ON FOURTH GRADE OF KEBON MANGGIS 01 ELEMENTARY SCHOOL EAST JAKARTA (2020) Irma Dwi Indrayani ABSTRACT This study aims to improve speaking skills through the method of role playing on fourth grade at Kebon Manggis 01 Elementary School East Jakarta, with total subjects were 20 students. This research was conducted November-December 2019 on first semester 2019/2020. The method was classroom action research, using the Kemmis and Mc Taggart models. Data analysis was done by reflecting on the activities that have been carried out in each cycle. In the first cycle students who obtained a value of ≥75 obained a percentage of 65% while in the second cycle reached 90%. The results indicate that the use of role playing methods in learning Bahasa can improve that speaking skills on fourth grade students at Kebon Manggis 01 Elementary Scool, East Jakarta. Based on the observation of the learning process by applying the role playing method in Bahasa subject, the percentage of teacher activity in the first cycle of the second meeting was 77,5%. For monitoring activity actions of students activity at the second meeting was 78,75%. In cycle II the monitoring of teacher activity measures gets the second meeting was 90% and for student activities at the second meeting was 91,25%. The implication of this research is the speaking skills on fourth grade students of Kebon Manggis 01 Elementary School East Jakarta can be increased in learning Bahasa with applying role playing method. Keywords: Speaking Skills, Role Playing Method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sehati Kaban, M.Pd. 2). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1641 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2020 16:35
Last Modified: 10 Mar 2020 16:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5652

Actions (login required)

View Item View Item