JAMALINA, . (2025) PENGARUH STORE ATMOSPHERE, SALES PROMOTION DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA TOKO H&M GANDARIA CITY MALL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (554kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelian impulsif atau biasa disebut Impulse buying adalah salah satu bentuk perilaku konsumen yang melakukan pembelian secara langsung tanpa merencanakannya terlebih dahulu. Setiap pelaku bisnis perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat mendorong terjadinya Impulse buying untuk dapat meningkatkan keuntungan bisnis. Pembelian impulsif ini dapat terjadi apabila terdapat lingkungan yang mendukung dan adanya keinginan dalam hati, seperti yang dijelaskan pada teori SOR (Stimulus, Organism Response Theory) yang menjadi teori pendukung dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran suasana toko, promosi penjualan, dan emosi positif terhadap pembelian impulsif yang dilakukan oleh customer Toko H&M Gandaria City Mall. Penelitian ini dilakukan di Kota Jakarta dengan jumlah sampel 200 orang yang ditentukan dengan purposive sampling yang diukur berdasarkan usia dan frekuensi belanja di toko H&M Gandaria City Mall. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang diukur dengan skala Likert yang telah dimodifikasi. Analisis data menggunakan software SPSS 25 dan AMOS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Suasana toko tidak berpengaruh secara langsung terhadap emosi positif. (2) Suasana toko memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. (3) Promosi penjualan tidak berpengaruh secara langsung terhadap emosi positif. (4) Promosi penjualan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. (5) Emosi positif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Dalam penelitian selanjutnya diharapkan dapat melibatkan lebih banyak brand fashion lain dari lokasi yang berbeda untuk melihat faktor lain yang mempengaruhi pembelian impulsif. Penambahan variabel moderasi dan intervening juga dapat ditambahkan untuk penelitian selanjutnya guna melihat faktor tidak langsung yang dapat mendorong terjadinya pembelian impulsif. Impulse buying, commonly called Impulse buying, is a form of consumer behavior that makes purchases directly without planning them. Every business person needs to pay attention to the factors that can encourage Impulse buying to increase business profits. This impulsive purchase can occur if there is a supportive environment and a desire in the heart, as explained in the SOR (Stimulus, Organism Response) theory, which is the supporting theory in this study. The purpose of this study is to analyze the role of store atmosphere, Sales Promotion, and Positive Emotions on Impulse purchases made by customers of the H&M Gandaria City Mall Store. This study was conducted in the city of Jakarta with a sample of 200 people determined by purposive sampling, measured based on age and frequency of shopping at H&M Gandaria City Mall stores. Data collection was carried out by distributing a questionnaire measured with a modified Likert scale. Data analysis using IBM SPSS 25 and AMOS 26. The results of this study show that (1) Store atmosphere does not have a direct effect on positive emotions. (2) Store atmosphere has a positive and significant influence on Impulse buying. (3) Sales promotion does not have a direct effect on positive emotions. (4) Sales promotion has a positive and significant influence on Impulse buying. (5) Positive emotion has a positive and significant influence on Impulse buying. In the next study, it is hoped that other fashion brands from different locations will be involved to see other factors that influence Impulse buying. The addition of moderation and intervening variables can also be added for future research to see indirect factors that can encourage Impulse purchases.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Setyo Ferry Wibowo, SE., M.Si. 2). Shandy Aditya, BIB, MPBS, |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FE > S1 Manajemen |
Depositing User: | Users 27810 not found. |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:58 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 03:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56574 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |