EL SABILLAH ABDULLAH AL KATIRI, . (2020) Persepsi Orang Tua Tentang Perkembangan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian Survei di Taman Kanak-kanak (TK) Wilayah Gugus III, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (513kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (515kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (387kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (576kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian survei ini bertujuan untuk mendeskripsikan data empiris mengenai persepsi orang tua tentang perkembangan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Wilayah Gugus III Kecamatan Cibinong, Kab. Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Wilayah Gugus III Kecamatan Cibinong, Kab. Bogor sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel secarakuota atau quota sampling.Metode yang digunakan peneliti, yaitu metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket. Hasil penelitian persepsi orang tua tentang perkembangan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun sebesar 76% berada pada kategori “baik” dan sebsesar 24% pada kategori “cukup”.Pada deskripsi yang lebih khusus, persepsi orang tua memiliki beberapa sub aspek. Pada sub aspek makna perkembangan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun hasil menunjukkan sebesar 77% orang tua berada pada kategori “baik”, dan 23% orang tua berada pada kategori cukup. Pada sub aspek karakteristik perkembangan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun hasil menunjukkan sebesar 46% orang tua berada pada kategori “baik”, dan sebesar 54% orang tua berada pada kategori “cukup”. Pada sub aspek aspek-aspek perkembangan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun, hasil menunjukkan sebesar 62% orang tua berada pada kategori “baik”, dan sebesar 38% berada pada kategori “cukup”. Pada sub aspek strategi orang tua dalam mengembangkan perkembangan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun, hasil menunjukkan sebesar 77% orang tua berada pada kategori “baik” dan 23% orang tua berada pada kategori cukup. Kata kunci: Persepsi orang tua, perkembangan membaca permulaan, anak usia 5-6 tahun. ABSTRACT This experiment was intended to describeparents perception about early reading development of children 5-6 years old. The sample of this experiment was 100parents at Kindergarten in Gugus III area In The District of Cibinong, Bogor. The technique of getting sample was quota sampling. Data were collected throught questionnaire. The results of the study of parents' perceptions of the development of early reading of children aged 5-6 years by 76% are in the category of "good" and as much as 24% in the category of "enough". In a more specific description, the perception of parents has several sub-aspects. In the sub-aspect of the meaning of early reading development of children aged 5-6 years the results show that 77% of parents are in the "good" category, and 23% of parents are in the moderate category. In the sub-aspects of the characteristics of early reading development of children aged 5-6 years the results show that 46% of parents are in the "good" category, and 54% of parents are in the "sufficient" category. In the sub-aspects of the aspects of early reading development of children aged 5-6 years, the results showed that 62% of parents were in the "good" category, and 38% were in the "sufficient" category. In the sub-aspects of parental strategies in developing early reading development of children aged 5-6 years, the results show that 77% of parents are in the "good" category and 23% of parents are in the moderate category.. Keywords: parent’s perception, early reading development, children 5-6 years old.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hapidin, M.Pd 2). Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 687 not found. |
Date Deposited: | 27 Mar 2020 19:38 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 19:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5777 |
Actions (login required)
View Item |