ASYIFA DESTIANI, . (2025) ANALISIS PELATIHAN DIGITAL MARKETING MELALUI PLATFORM SHOPEE PADA UMKM KELURAHAN JATISARI JATIASIH BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Digital Marketing perlu dikuasai oleh pelaku UMKM pada era perkembangan digital karena merupakan hal yang akan berperan penting pada proses membangun, mengembangkan serta memasarkan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pelatihan digital marketing melalui platform Shopee pada UMKM Kelurahan Jatisari, Jatiasih, Bekasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Mei 2025 yang bertempat di Kelurahan Jatisari, Halaman Pabrik Kemasan Jawara dan tempat tinggal informan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari 2 informan utama yaitu Mentor dan Panitia serta 5 informan pendukung yaitu Peserta Pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan digital marketing dilaksanakan sesuai dengan empat tahap utama pelatihan, yakni: identifikasi kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelatihan berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan platform Shopee untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, pelatihan yang berlangsung dalam durasi singkat, serta tantangan usia dan keterbatasan literasi digital, menjadi hambatan dalam optimalisasi hasil pelatihan. Oleh karena itu, dibutuhkan pelatihan yang berkelanjutan dan disesuaikan dengan karakteristik peserta agar dapat memberikan dampak maksimal bagi pengembangan strategi pemasaran UMKM secara digital. ***** Digital marketing needs to be mastered by UMKM actors in the era of digital development, as it plays a vital role in building, developing, and promoting a business. This study aims to analyze the implementation of digital marketing training through the Shopee platform in Jatisari Subdistrict, Jatiasih, Bekasi. The research was conducted from January to May 2025 at the Jatisari Subdistrict, Jawara Packaging Factory Yard, and the residences of the informants. This study uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques include observation, in-depth interviews, and documentation. The data analysis technique used is data reduction. The informants consist of two main informants, namely the Mentor and the Organizer, and four supporting informants, who are the training participants. The results show that the digital marketing training was carried out based on four main training stages: needs identification, planning, implementation, and evaluation. The training contributed to increasing the understanding and skills of UMKM actors in utilizing the Shopee platform to reach a wider market. However, the short duration of the training, along with challenges such as age and limited digital literacy, became obstacles to optimizing the training outcomes. Therefore, continuous training that is tailored to the participants’ characteristics is needed to provide a maximum impact on the development of UMKM digital marketing strategies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd ; 2). Nararia Hutama Putra, S.Pd., M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Asyifa Destiani . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:16 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |