SYLVIANA IFRIANI BARNABAS, . (2025) PENGARUH PERSEPSI BEAUTY INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SOMETHINC PADA APLIKASI TIKTOK DI KALANGAN GENERASI Z. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi beauty influencer terhadap keputusan pembelian skincare Somethinc pada aplikasi Tiktok di kalangan generasi Z. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purchase Decision yang diciptakan oleh Kotler & Keller (2016) dan Tears Model yang diciptakan oleh Shimp (2007). Populasi penelitian ini adalah kalangan generasi Z dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling sebanyak 244 partisipan. Karakteristik penelitian ini adalah kalangan generasi Z berjenis kelamin laki-laki atau perempuan berusia 17-28 tahun yang berdomisili di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) dan menggunakan skincare Somethinc serta aktif dalam menggunakan sosial media yaitu pada aplikasi Tiktok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi beauty influencer terhadap keputusan pembelian skincare Somethinc di aplikasi Tiktok pada generasi Z. Besar pengaruh persepsi beauty influencer terhadap keputusan pembelian skincare Somethinc pada aplikasi Tiktok di kalangan generasi Z adalah 53,1%. Kata kunci: keputusan pembelian, persepsi beauty influencer, skincare, somethinc, tiktok, generasi Z ***** This research aims to determine whether there is an influence of beauty influencer perception on the purchase decision of Somethinc skincare on the TikTok application among Generation Z. This study uses a quantitative research method, employing a questionnaire for data collection. The measurement tools used in this study are the Purchase Decision created by Kotler & Keller (2016) and the Tears Model created by Shimp (2007). The population of this study consists of Generation Z using purposive sampling techniques with a total of 244 participants. The characteristics of this study are Generation Z individuals, male or female, aged 17-28 years old, live in Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi), who use Somethinc skincare and are active on social media, specifically the TikTok application. The research results indicate a significant influencer of beauty influencer perception on the purchase decision of Somethinc skincare on the TikTok application among Generation Z. The extent of the beauty influencer perception on the purchase decision of Somethinc skincare on the TikTok application among Generation Z is 53.1%. Keywords: purchase decision, beauty influencer perception, skincare, somethinc, tiktok, generation Z
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lupi Yudhaningrum, M.Psi., ; 2). Dewinta Ariani, M.Psi., |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce Ilmu Sosial > Komunikasi Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Sylviana Ifriani Barnabas . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:30 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |