ANALISIS EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU: STUDI PADA SMPN DI KECAMATAN BEKASI TIMUR

FATIMAH AZ-ZAHRO, . (2025) ANALISIS EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU: STUDI PADA SMPN DI KECAMATAN BEKASI TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri dan dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja guru pada SMPN di Kecamatan Bekasi Timur. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran guru sebagai ujung tombak pendidikan, di mana tingkat kepuasan kerja menjadi faktor krusial dalam menunjang kinerja dan kualitas pembelajaran. Efikasi diri dipandang sebagai keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas kerja, sedangkan dukungan organisasi mencerminkan persepsi guru terhadap perhatian, penghargaan, dan fasilitas yang diberikan institusi tempat mereka bekerja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 268 guru SMPN di Kecamatan Bekasi Timur. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda melalui SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,284 dan signifikansi 0,000. Begitu pula dengan dukungan organisasi yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan koefisien regresi sebesar 0,156 dan signifikansi 0,005. Hasil ini memperkuat teori Bandura mengenai efikasi diri serta teori perceived organizational support dari Eisenberger, dan menunjukkan bahwa upaya peningkatan kepuasan kerja guru perlu mempertimbangkan baik faktor internal (keyakinan diri) maupun eksternal (dukungan organisasi). Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak sekolah dan pemerintah dalam merancang kebijakan yang mendorong penguatan kompetensi dan kesejahteraan guru. ***** This study aims to analyze the influence of self-efficacy and organizational support on teacher job satisfaction at a junior high school in East Bekasi District. The background of this study is based on the important role of teachers as the spearhead of education, where the level of job satisfaction is a crucial factor in supporting performance and learning quality. Self-efficacy is seen as an individual's belief in their ability to complete work tasks, while organizational support reflects teachers' perceptions of the attention, appreciation, and facilities provided by the institution where they work. The research method used is quantitative with a survey approach. The sampling technique used non-probability sampling with a total of 268 respondents of junior high school teachers in East Bekasi District. Data were collected through questionnaires and analyzed using multiple linear regression tests through SPSS 25. The results showed that self-efficacy has a positive and significant effect on teacher job satisfaction with a regression coefficient value of 0.284 and a significance of 0.000. Likewise, organizational support has a positive and significant effect on job satisfaction with a regression coefficient of 0.156 and a significance of 0.005. These results reinforce Bandura's theory of self-efficacy and Eisenberger's theory of perceived organizational support, and demonstrate that efforts to improve teacher job satisfaction require considering both internal (self-efficacy) and external (organizational support) factors. These findings are expected to serve as a reference for schools and the government in designing policies that encourage the strengthening of teacher competence and well-being.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Agung Dharmawan Buchdadi, M.M., Ph.D. ; 2). Dr. Christian Wiradendi Wolor, S.E., M.M.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Fatimah Az-Zahro .
Date Deposited: 14 Aug 2025 00:10
Last Modified: 14 Aug 2025 00:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60457

Actions (login required)

View Item View Item