SEPTIANA ANGGRAINI, . (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI MELALUI LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI PIHAK PERTAMA (LSP-P1) SMK NEGERI 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (810kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (15)_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program uji sertifikasi kompetensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1) di SMK Negeri 26 Jakarta sebagai bagian dari upaya revitalisasi SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dilakukan melalui penyusunan jadwal asesmen, penyesuaian skema sertifikasi, dan pembentukan tim pelaksana. Pelaksanaan uji dilaksanakan sesuai standar BNSP dengan melibatkan asesor bersertifikat dan sarana TUK yang memadai. Evaluasi dilakukan melalui analisis hasil uji, refleksi, dan tindak lanjut bagi peserta yang belum kompeten. Kesimpulannya, LSP-P1 berperan strategis dalam meningkatkan daya saing lulusan SMK melalui sertifikasi kompetensi yang diakui industri. Rekomendasi diarahkan pada penguatan sinergi antara sekolah dan dunia industri serta peningkatan mutu sarana dan kompetensi asesor. *** This study aims to describe the implementation of the competency certification program through the First-Party Professional Certification Institution (LSP-P1) at SMK Negeri 26 Jakarta as part of the vocational school revitalization effort. The research employed a descriptive qualitative method. Data were collected through interviews, observation, and documentation studies, and analyzed using the Miles and Huberman interactive model consisting of data reduction, data display, and conclusion drawing. The results show that the planning stage includes the preparation of assessment schedules, alignment of certification schemes with the curriculum, and formation of the implementation team. The implementation phase follows BNSP standards, involving certified assessors and well-equipped competency test facilities (TUK). Evaluation is conducted through test result analysis, reflection on weaknesses, and follow-up for participants deemed not yet competent. It is concluded that LSP-P1 plays a strategic role in enhancing the competitiveness of vocational graduates through industry-recognized certification. Recommendations include strengthening collaboration between schools and industry, and improving the quality of facilities and assessors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Supadi, M.Pd.; 2). Winda Dewi Listyasari, M.Pd., Ph.D. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Septiana Anggraini . |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:50 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 08:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |