PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI CIJANTUNG 06 JAKARTA TIMUR

IRFILIA GUNAWAN, . (2025) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI CIJANTUNG 06 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam implementasi pendidikan inklusif di SD Negeri Cijantung 06 Jakarta Timur. Sub fokus penelitian ini yaitu perencanaan kepala sekolah dalam pendidikan inklusif, pengelolaan tenaga pendidik oleh kepala sekolah dalam pendidikan inklusif, pengelolaan fasilitas fisik oleh kepala sekolah dalam pendidikan inklusif, dan implementasi pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi: kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru kelas satu yang merupakan lulusan pendidikan luar biasa, peserta didik berkebutuhan khusus, dan orang tua peserta didik berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam perencanaan pendidikan inklusif kepala sekolah berperan sebagai manajer, edukator, dan administrator dengan membuat berbagai strategi dan pendekatan seperti peningkatan pemahaman, penyesuain kurikulum, dan penyebaran informasi terkait pendidikan inklusif. Kepala sekolah memiliki kepemimpinan yang efektif yang memiliki visi memberikan pendidikan yang berkeadilan. (2) pengelolaan tenaga pendidik menunjukkan peran kepala sekolah sebagai manajer, edukator, dan supervisor. Kepala sekolah menganalisis kebutuhan guru, memberikan guru dukungan pelatihan pendidikan inklusif, dan melakukan pengawasan serta evaluasi kepada guru. (3) pengelolaan fasilitas fisik menunjukkan peran kepala sekolah sebagai administrator yang mengelola sarana dan prasarana sekolah dengan baik dan dilakukan secara transparan. (4) implementasi pendidikan inklusif di SDN Cijantung 06 dilakukan dengan menggunakan metode kelas gabungan. Peran kepala sekolah dalam implementasi pendidikan inklusif yaitu sebagai motivator dengan memberikan dukungan motivasi semangat kepada guru dan membantu guru dalam menghadapi masalah dan mencari solusinya. ***** This study aims to describe the role of the principal in the implementation of inclusive education at SD Negeri Cijantung 06, East Jakarta. The sub-focus of this research includes the principal's planning for inclusive education, the management of educators by the principal in inclusive education, the management of physical facilities by the principal in inclusive education, and the implementation of inclusive education. This research used a qualitative approach with a descriptive method. Data was collected through observation, interviews, and documentation studies. The informants in this study include: the principal, the vice principal for curriculum, a first-grade teacher who is a graduate of special education, students with special needs, and the parents of students with special needs. The results of the study indicate that: (1) in planning for inclusive education, the principal acts as a manager, educator, and administrator by developing various strategies and approaches such as enhancing understanding, curriculum adjustments, and disseminating information related to inclusive education. The principal demonstrates effective leadership with a vision of providing equitable education. (2) The management of educators shows the principal's role as a manager, educator, and supervisor. The principal analyzes the needs of teachers, provides training support for inclusive education, and conducts supervision and evaluation of teachers. (3) The management of physical facilities demonstrates the principal's role as an administrator who manages school facilities and infrastructure effectively and transparently. (4) The implementation of inclusive education at SDN Cijantung 06 is carried out using a combined class method. The principal's role in the implementation of inclusive education is as a motivator, providing motivational support to teachers and assisting them in facing challenges and finding solutions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Matin, M.Pd.; 2). Dr. Ir. Teguh Trianung Djoko Susanto, M.M
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Irfilia Gunawan .
Date Deposited: 14 Aug 2025 02:45
Last Modified: 14 Aug 2025 02:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60868

Actions (login required)

View Item View Item