PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA EDUKASI BAHAYA KEBAKARAN DAN UPAYA PENYELAMATAN DIRI DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA SISWA KELAS V

PUTRI PROBOWATI, . (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA EDUKASI BAHAYA KEBAKARAN DAN UPAYA PENYELAMATAN DIRI DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA SISWA KELAS V. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman anak yang terbatas mengenai bahaya dan perlindungan diri menyebabkan anak kurang dapat mengantisipasi dan mengatasi kondisi bahaya yang muncul di sekitarnya. Hal ini dapat berakibat fatal untuk keselamatan anak. Terlebih lagi ketika tidak adanya orang dewasa di sekitar anak-anak sehingga tidak dapat secara optimal menjaga dan mengawasi anak-anak. Salah satu cara untuk membuat anak-anak selamat dari bahaya adalah dengan meningkatkan pemahamannya akan bahaya dan cara-cara mengatasi bahaya melalui pendidikan keselamatan diri sejak dini. Penelitian ini membahas tentang pengembangan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan media pembelajaran berupa kartu edukasi menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa akan bahaya kebakaran dan upaya penyelamatan diri dalam kondisi darurat ketika terjadi kebakaran. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas V di SDN Pondok Kelapa 04 berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Penilaian perangkat pembelajaran pada penelitian ini dinyatakan layak dari hasil validasi para ahli. Penelitian ini melakukan uji reliabilitas menggunakan metode KR-20 mendapatkan hasil sebesar 0,82 dan dinyatakan bahwa penelitian ini sangat tinggi nilai reliabilitasnya. Dan melakukan uji validitas menggunakan teknik korelasi Pearson Moment mendapatkan hasil diatas nilai 0,3 dan dinyatakan bahwa penelitian ini valid. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Keselamatan Kebakaran, ADDIE, Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skills Children's limited understanding of the dangers and self-protection causes children to be less able to anticipate and overcome the conditions of danger that arise around them. This can be fatal for child safety. Even more so when there are no adults around children so they cannot optimally look after and supervise children. One way to make children safe from danger is to increase their understanding of hazards and ways to overcome hazards through early self-safety education. This research discusses the development of learning tools in the form of syllabus, lesson plans and learning media in the form of educational cards using the Problem Based Learning (PBL) method based on Higher Order Thinking Skills (HOTS). This research aims to improve students' understanding of the dangers of fire and efforts to save themselves in an emergency in the event of a fire. The population in this research was the fifth grade students at SDN Pondok Kelapa 04 totaling 30 students. This research uses the R&D method with the ADDIE model. The assessment of learning tools in this study was declared feasible from the results of the experts' validation. This research conducted a reliability test using the KR-20 method to get a result of 0.82 and it was stated that this research had a very high reliability value. And conducting validity tests using Pearson Moment correlation techniques get results above the value of 0.3 and it is stated that this research is valid. Keywords: Learning Tools, Fire Safety, ADDIE Model, Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skills

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Basuki Wibawa, M.M. ; 2). Ja'far Amiruddin, S.T.,M.T.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2056 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 18:14
Last Modified: 07 Apr 2020 18:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6115

Actions (login required)

View Item View Item