RANCANGAN PENGEMBANGAN KONTEN MICROLEARNING UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI TRANSAKSI DI SMK MAKARYA LARANGAN SELATAN

HELMI FAUZI ABRAR, . (2025) RANCANGAN PENGEMBANGAN KONTEN MICROLEARNING UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI TRANSAKSI DI SMK MAKARYA LARANGAN SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang konten microlearning untuk mata pelajaran Administrasi Transaksi. Microlearning merupakan metode pembelajaran yang menyajikan materi dalam bentuk unit kecil yang singkat, spesifik dan mudah diakses kapan saja. Dengan mempertimbangkan karakteristik para pengguna yang lebih responsif terhadap pembelajaran berbasis teknologi, penelitian ini merancang microlearning dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup beberapa tahapan. Tahapan perancangan meliputi analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pemecahan materi menjadi unit kecil (chunking content), pemilihan format media pembelajaran, serta penyusunan rancangan penyajian materi. Hasil perancangan ini diharapkan dapat memberikan solusi atas keterbatasan pembelajaran konvensional yang cenderung kurang fleksibel dan interaktif. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan karena hanya sampai pada tahap perancangan saja dan belum melalui tahap pengembangan nyata. Oleh karena itu, penelitian lanjutan diperlukan untuk mengembangkan serta menguji efektivitas microlearning dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Administrasi Transaksi. ***** This study aims to design microlearning content for the Transaction Administration course. Microlearning is a learning method that presents material in short, specific, and easily accessible units. Considering the characteristics of users who are more responsive to technology-based learning, this study designed microlearning using the ADDIE development model, which includes several stages. The design stages include needs analysis, formulation of learning objectives, breaking down the material into smaller units (chunking content), selection of learning media formats, and preparation of the material presentation plan. The results of this design are expected to provide a solution to the limitations of conventional learning, which tends to lack flexibility and interactivity. However, this study has limitations because it only reached the design stage and has not yet undergone actual development. Therefore, further research is needed to develop and test the effectiveness of microlearning in improving student understanding of the Transaction Administration course.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mulyadi, M.Pd; 2). Dr. R.A. Murti Kusuma Wirasti, S.IP., M.Si.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Ilmu Sosial > Keuangan
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Manajemen > Manajemen , Business
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 31239 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:58
Last Modified: 26 Aug 2025 07:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62116

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item