HELMI FAUZI ABRAR, . (2025) RANCANGAN PENGEMBANGAN KONTEN MICROLEARNING UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI TRANSAKSI DI SMK MAKARYA LARANGAN SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang konten microlearning untuk mata pelajaran Administrasi Transaksi. Microlearning merupakan metode pembelajaran yang menyajikan materi dalam bentuk unit kecil yang singkat, spesifik dan mudah diakses kapan saja. Dengan mempertimbangkan karakteristik para pengguna yang lebih responsif terhadap pembelajaran berbasis teknologi, penelitian ini merancang microlearning dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup beberapa tahapan. Tahapan perancangan meliputi analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pemecahan materi menjadi unit kecil (chunking content), pemilihan format media pembelajaran, serta penyusunan rancangan penyajian materi. Hasil perancangan ini diharapkan dapat memberikan solusi atas keterbatasan pembelajaran konvensional yang cenderung kurang fleksibel dan interaktif. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan karena hanya sampai pada tahap perancangan saja dan belum melalui tahap pengembangan nyata. Oleh karena itu, penelitian lanjutan diperlukan untuk mengembangkan serta menguji efektivitas microlearning dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Administrasi Transaksi. ***** This study aims to design microlearning content for the Transaction Administration course. Microlearning is a learning method that presents material in short, specific, and easily accessible units. Considering the characteristics of users who are more responsive to technology-based learning, this study designed microlearning using the ADDIE development model, which includes several stages. The design stages include needs analysis, formulation of learning objectives, breaking down the material into smaller units (chunking content), selection of learning media formats, and preparation of the material presentation plan. The results of this design are expected to provide a solution to the limitations of conventional learning, which tends to lack flexibility and interactivity. However, this study has limitations because it only reached the design stage and has not yet undergone actual development. Therefore, further research is needed to develop and test the effectiveness of microlearning in improving student understanding of the Transaction Administration course.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Mulyadi, M.Pd; 2). Dr. R.A. Murti Kusuma Wirasti, S.IP., M.Si. |
Subjects: | Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi Ilmu Sosial > Keuangan Ilmu Sosial > Kewirausahaan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Manajemen > Manajemen , Business Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi Manajemen > Manajemen Pemasaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 31239 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:58 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 07:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62116 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
![]() |
View Item |