INDIRA PUTRI MAHARANI, . (2025) PEMAHAMAN LITERASI DIGITAL MENGENAI METODE PEMBAYARAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA PELAKU UMKM RW 014 KELURAHAN CIPINANG MUARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
|
Text
File COVER.pdf Download (818kB) |
|
|
Text
File BAB 1.pdf Download (375kB) |
|
|
Text
File BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
|
|
Text
File BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
|
Text
File BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
|
Text
File BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
|
Text
File Daftar Pustaka.pdf Download (246kB) |
|
|
Text
File Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi digital pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pengguna dan non-pengguna Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di RW 014 Kelurahan Cipinang Muara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan enam informan, terdiri atas tiga pelaku UMKM pengguna QRIS dan tiga pelaku UMKM non-pengguna QRIS. Analisis data dilakukan secara tematik berdasarkan empat indikator literasi digital menurut Indrayani et al. (2019), yaitu digital skill, digital ethic, digital culture, dan digital experience, yang dipadukan dengan kerangka tahap pemahaman dalam taksonomi Bloom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku UMKM pengguna QRIS umumnya berada pada tahap interpretation hingga extrapolation, dengan keterampilan teknis, kesadaran etika, budaya digital, dan pengalaman penggunaan teknologi yang relatif lebih tinggi. Sementara itu, non-pengguna QRIS sebagian besar berada pada tahap translation, dengan pemanfaatan teknologi terbatas pada komunikasi dan promosi daring. Perbedaan ini mencerminkan adanya kesenjangan literasi digital yang berdampak pada daya saing usaha. Penelitian ini merekomendasikan perlunya program pendampingan dan pelatihan literasi digital yang berkelanjutan bagi pelaku UMKM, khususnya yang belum mengadopsi teknologi pembayaran digital, agar dapat meningkatkan adaptasi dan partisipasi dalam ekosistem ekonomi digital. Kata kunci: Literasi Digital, QRIS, UMKM, Transaksi Digital, Pembayaran Nontunai ***** This study aims to analyze the level of digital literacy among Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in RW 014, Cipinang Muara Subdistrict, comparing QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) users and non-users. This research employs a qualitative approach with a case study method. Data were collected through in-depth interviews with six informants, consisting of three MSME actors who use QRIS and three who do not. Data analysis was conducted thematically based on the four indicators of digital literacy proposed by Indrayani et al. (2019): digital skill, digital ethic, digital culture, and digital experience, integrated with the stages of understanding in Bloom’s taxonomy. The results indicate that MSME actors who use QRIS are generally at the interpretation to extrapolation stages, with higher levels of technical skills, ethical awareness, digital culture, and technological experience. In contrast, non-users are mostly at the translation stage, with technology utilization limited to communication and online promotion. This disparity reflects a digital literacy gap that impacts business competitiveness. The study recommends continuous digital literacy assistance and training programs for MSME actors, particularly those who have not adopted digital payment technologies, to enhance their adaptation and participation in the digital economy ecosystem. Keywords: Digital Literacy, QRIS, MSMEs, Cashless Transactions, Payment Method
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Additional Information: | 1). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd. ; 2). Intan Purnama Dewi, S.Pd., M.Pd. |
| Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce Ilmu Sosial > Kewirausahaan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
| Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | Indira Putri Maharani . |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:06 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:06 |
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
