HERMANTO, . (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (310kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (756kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (357kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (220kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (409kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (307kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (293kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (293kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (923kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan secara utuh tentang upaya guru melaksanakan pendidikan karakter berbasis kelas dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pembelajaran berbasis kelas diawali dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam upaya agar peserta didik tidak saja paham tentang apa dan bagaimana pengetahuan diperoleh tetapi mengapa untuk memperkuat karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Selanjutnya data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan triangulasi. Temuan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan disertai oleh kegiatan lain yang mendukung pembelajaran berbasis kelas seperti intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan pembiasaan sudah mencakup nilai-nilai karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, pembelajaran, ilmu pengetahuan sosial (IPS)
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. M.Japar, M.Si 2) Erry Utomo, M.Ed., P.hD |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 2335 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2020 13:57 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 13:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6914 |
Actions (login required)
View Item |