IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR

HERMANTO, . (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (310kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (756kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (409kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan secara utuh tentang upaya guru melaksanakan pendidikan karakter berbasis kelas dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pembelajaran berbasis kelas diawali dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam upaya agar peserta didik tidak saja paham tentang apa dan bagaimana pengetahuan diperoleh tetapi mengapa untuk memperkuat karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Selanjutnya data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan triangulasi. Temuan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan disertai oleh kegiatan lain yang mendukung pembelajaran berbasis kelas seperti intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan pembiasaan sudah mencakup nilai-nilai karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, pembelajaran, ilmu pengetahuan sosial (IPS)

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Prof. Dr. M.Japar, M.Si 2) Erry Utomo, M.Ed., P.hD
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: HERMANTO .
Date Deposited: 21 Apr 2020 13:57
Last Modified: 21 Apr 2020 13:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6914

Actions (login required)

View Item View Item