Pengaruh Media Pembelajaran Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Jakarta

Debby Farhani Alwy, . (2012) Pengaruh Media Pembelajaran Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
JUDUL.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Khairiyah Jakarta, pada semester 2 Tahun Ajaran 2011-2012, yang dimulai sejak bulan April 2012 hingga bulan Mei 2012 dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) Terhadap Penguasaan Kosakata Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah siswa MTs Al-Khairiyah Jakarta dan Sampelnya adalah siswa kelas VII sebanyak 70 siswa, yang terdiri dari 35 siswa untuk kelas kontrol dan 35 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes tulis dengan teknik analisis data digunakan adalah uji-t pada taraf signifikansi = 0,05. Uji-t ini dilakukan setelah melakukan tes seperti Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, maka kemudian akan diperoleh hasil dari uji-t. Setelah dilakukan tes maka nilai t hitung yang diperoleh adalah 7,388. Sedangkan t tabel adalah 1,67 untuk derajat kebebasan (dk = 68). Karena harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel, maka hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Penelitian ini menunjukkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan Media Pembelajaran Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) lebih tinggi hasil penguasaan kosakatanya dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Media Pembelajaran Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI). Motivasi belajar siswa akan meningkat dan memperoleh hasil belajar yang baik, karena dengan Media Pembelajaran Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran dan dapat menumbuhkan interaksi siswa antara satu dengan yang lainnya dalam mengeksplor dan mengolah kosakata Bahasa Arab dan menuangkan ide atau gagasan mereka dalam bahasa lisan maupun tulisan seperti berdialog atau menulis kata, kalimat ataupun wacana berbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 30 Oct 2019 11:19
Last Modified: 30 Oct 2019 11:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item