Pengaruh Metode Talking Stick terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Berita pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 157 Jakarta Timur.

Anantyo Bimosuseno, . (2012) Pengaruh Metode Talking Stick terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Berita pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 157 Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK dan KATA PENGANTAR Bimo fix.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Anantyo Bimosuseno.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Anantyo Bimosuseno.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Anantyo Bimosuseno.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Anantyo Bimosuseno.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Skripsi Anantyo Bimosuseno.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi Anantyo Bimosuseno.pdf

Download (74kB)
[img] Text
JUDUL baru.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Lampiran 5-13.pdf

Download (189kB)
[img] Text
rpp implikasi cihuy.pdf

Download (31kB)
[img] Text
rpp kd mendengarkan isi berita kelas eksperimen revisi pak sam 19 maret.pdf

Download (90kB)
[img] Text
rpp kd mendengarkan isi berita kelas kontrol dipisah.pdf

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode Talking Stick terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita siswa SMP Kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 157 Jakarta, Jakarta Timur, semester kedua tahun ajaran 2011/2012. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain randomized control group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel secara acak atau sample random sampling. Jumlah sampel 64 orang siswa. Kelas eksperimen dengan jumlah 32 orang siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menyimpulkan isi berita yang meliputi aspek kemampuan mengungkapkan ketepatan pokok-pokok berita, aspek kemampuan mengungkapkan kelengkapan isi berita, aspek keringkasan kesimpulan berita, aspek keruntutan penyajian pokok-pokok berita, aspek kalimat efektif, dan aspek ejaan dan tanda baca. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rerata hasil kemampuan menyimpulkan isi berita pada kelas eksperimen sebesar 75,68. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rerata hasil kemampuan menyimpulkan isi berita pada kelas kontrol, yaitu sebesar 60,43. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas Liliefors, diperoleh L0 maksimal untuk pretest kelas eksperimen sebesar 0,040, L0 pada saat posttest sebesar 0,101. Untuk pretest kelas kontrol diperoleh L0 maksimal sebesar 0,070, L0 pada saat posttest sebesar 0,058, sedangkan L tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan n=32 adalah 0,154. Lhitung < Ltabel, maka sampel berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas dengan menggunakan uji Barlet diperoleh X0 2 hitung sebesar 0,1782 dan Xt 2 pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 3,841, karena X0 2 < Xt 2 atau 0,1782< 3,841, maka sampel dalam penelitian memiliki varians yang homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 5,608, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 1,693 karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Talking Stick berpengaruh terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita siswa SMP. Berdasarkan hasil di atas, metode Talking Stick dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran alternatif yang baik untuk pembelajaran menyimpulkan isi berita. Metode ini juga dapat diimplikasikan pada kompetensi dasar mengomentari buku cerita. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan mengenai metode Talking Stick. Kata kunci: metode pembelajaran Talking Stick – kemampuan menyimpulkan isi berita

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 30 Oct 2019 13:18
Last Modified: 30 Oct 2019 13:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item