PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS V SDN TANJUNG BARAT 05 JAKARTA SELATAN (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Tanjung Barat 05 Jakarta Selatan)

ANNISA DWI CHIPTA PUTRI NINGTHIAR, . (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS V SDN TANJUNG BARAT 05 JAKARTA SELATAN (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Tanjung Barat 05 Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Lembar Judul.pdf

Download (170kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (530kB)
[img] Text
3. Lembar Abstrak.pdf

Download (112kB)
[img] Text
4. Lembar Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (474kB)
[img] Text
5. Lembar Kata Pengantar.pdf

Download (87kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (89kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (325kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (267kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (993kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui strategi pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas V SD Negeri Tanjung Barat 05 Jakarta Selatan yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan Kemmis & mcTaggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa foto. dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I, siswa yang mendapat nilai ≥ 70 mencapai 68,57%, sedangkan pada siklus II mencapai 85,71%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Tanjung Barat 05 Jakarta Selatan. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui keterampilan dan kemampuan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping untuk dapat mengembangkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zulela MS, M. Pd., ; 2). Dra. Evita Adnan, M. Psi.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Oct 2019 15:38
Last Modified: 30 Oct 2019 15:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item