ANNISA DWI CHIPTA PUTRI NINGTHIAR, . (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS V SDN TANJUNG BARAT 05 JAKARTA SELATAN (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Tanjung Barat 05 Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1. Lembar Judul.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
3. Lembar Abstrak.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
5. Lembar Kata Pengantar.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Download (993kB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui strategi pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas V SD Negeri Tanjung Barat 05 Jakarta Selatan yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan Kemmis & mcTaggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa foto. dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I, siswa yang mendapat nilai ≥ 70 mencapai 68,57%, sedangkan pada siklus II mencapai 85,71%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Tanjung Barat 05 Jakarta Selatan. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui keterampilan dan kemampuan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping untuk dapat mengembangkan keterampilan menulis siswa. ***** The research aims tp improve the skill of writing narration through mind mapping learning strategy in the fifth grade elementary students of SD Negeri Tanjung Barat 05 Jakarta Selatan with 35 students. Which is used classroom action research method, this method was invited by Kemmis & Mc Taggart. Data was collected by observation, test, field notes, and photo documentation which is performed in every cycle. In the first cyle, students who got scored ≥70 reached 68,57%, then on the second cyle is 85,71%. Result showed that used of mind mapping strategy in learning Bahasa Indonesia could increase skill of writing naration on students in the fifth grade of SD Negeri Tanjung Barat 05 Jakarta Selatan. Therefore, teachers need to know about skill and capability of the students, so that teachers could design variety of activities using mind mapping learning strategy for increasing students skill in writing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Zulela MS, M. Pd., ; 2). Dra. Evita Adnan, M. Psi., |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 15:38 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |