ARINA RAHMAWATI, . (2015) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MENGGAMBAR UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SOSIAL TERHADAP KORBAN CYBERBULLYING (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 259 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (53kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (332kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (291kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (185kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (349kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (652kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (382kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (634kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Download (197kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
|
Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (98kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik menggambar untuk mengurangi kecemasan sosial terhadap korban cyberbullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 259 Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain onegroup pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga delapan siswa yang mengalami kecemasan sosial sebagai korban cyberbullying dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengukuran penelitian menggunakan Social Anxiety Inventory yang telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia. Hasil perhitungan validitas instrumen kecemasan sosial diperoleh 18 butir item valid, sedangkan reliabilitas menunjukkan 0.949 yang berarti instrumen termasuk kategori sangat reliabel. Hasil perhitungan validitas instrumen korban cyberbullying diperoleh 42 butir item valid, sedangkan reliabilitas menunjukkan 0.893 yang berarti instrumen termasuk kategori reliabel. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar 0.012, yang berarti lebih kecil dari signifikasi α 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan hasil penelitian, penggunaan teknik menggambar berpengaruh untuk menurunkan kecemasan sosial terhadap korban cyberbullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 259 Jakarta Timur. Teknik menggambar merupakan salah satu bentuk intervensi yang dapat digunakan oleh guru BK dalam menangani kecemasan sosial terhadap korban cyberbullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 259 Jakarta Timur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra Michiko Mamesah, M. Psi. ; 2). Happy Karlina Marjo, M. Pd, Kons., |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 11:52 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 11:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/951 |
Actions (login required)
View Item |