MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCERITA DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Mawar, Matraman Raya, Jakarta Timur)

BACHIYAH, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCERITA DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Mawar, Matraman Raya, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Persetujuan Skripsi.jpg

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.jpg

Download (188kB) | Preview
[img] Text
SEMUA LAMPIRAN.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Mawar, Matraman Raya, Jakarta Timur melalui kegiatan bercerita dengan media papan flanel yang dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan dan pengamatan (acting and observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok B PAUD Mawar yang mempunyai masalah pada kemampuan menyimak sebanyak 13 anak. Persentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil analisis data pada praintervensi didapat persentase sebesar 45,9%. Setelah diberi tindakan, persentase meningkat mencapai 64,1%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II. Persentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 77,5%. Hal ini berarti dari praintervensi sampai siklus II memiliki kenaikan 31,6%. Berdasarkan keberhasilan persentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa proses menyimak anak usia dini terjadi melalui kegiatan memperhatikan, memahami, menginterpretasi, menilai, dan menanggapi lambang-lambang kata yang diungkapkan secara lisan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Yenina Akmal, M.Hum ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2019 14:55
Last Modified: 31 Oct 2019 14:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item View Item